Grow and Bless Digital Marketing
Juli 6, 2021
/

Pengertian Website dan 3 Alasan Bisnis Harus Memiliki Website

Oleh: 
Ardian Susanto

Sebenarnya, apa sih pengertian website itu? Apakah website, blog dan media sosial itu sama? Lalu kegunaan dari website untuk bisnis maupun untuk pribadi?

Seperti yang pastinya sudah Anda sadari, saat ini penggunaan website bisnis untuk bisnis kecil seperti UMKM sekalipun sangatlah penting. Karena bila hanya mengandalkan penjualan dengan cara konvensional, bisnis Anda akan sangat sulit bersaing dengan usaha lainnya yang sudah merambah ke dunia digital.

Bahkan, tidak sedikit perusahaan besar yang sudah berdiri selama bertahun-tahun namun tetap kalah karena tidak mengikuti arus perkembangan zaman.

Namun sebelum membuat website bisnis sendiri, Anda perlu memahami pengertian website dan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat situs khusus untuk bisnis. Oleh karena itu, mari kita pelajari bersama mengenai hal tersebut dalam artikel berikut ini.

pengertian website

Pengertian Website

Dikutip dari Wikipedia, pengertian website adalah sebuah situs atau site yang berisi banyak web pages atau bisa disebut halaman. Website juga identik dengan sebuah alamat domain dengan akhiran .com, .net. .id. dan masih banyak lagi.

Pada jaman dulu, di masa awal internet dibuat, kebanyakan situs hanya tersambung dalam satu halaman saja. Selain itu, informasi yang didapatkan juga sangat terbatas. Hanya informasi yang ada di komputer host yang bisa dibuka oleh komputer client.

Namun setelah website dikembangkan, informasi yang tersedia menjadi jauh lebih banyak. Selain itu dikembangkan pula WWW alias World Wide Web, artinya adalah sebuah web yang bisa diakses oleh pengguna internet seluruh dunia.

Jadi sederhananya, pengertian website adalah sebuah situs yang terdiri dari banyak laman yang mengandung informasi tertentu dan bisa diakses oleh pengguna internet. Laman yang ada di website bisa berupa landing page, halaman contact person, halaman untuk transaksi, maupun halaman yang berisikan informasi artikel.

Di era modern seperti saat ini, pastinya sudah tidak asing lagi bila mendengar tentang laman atau website yang bisa diakses oleh semua orang dari berbagai negara. Sebab kini semua orang bisa membuat website mereka sendiri.

Tidak seperti pada jaman 90'an hingga 2010'an, dimana website hanya bisa dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar atau orang yang pandai dalam dunia komputer, internet dan teknologi.

Hal tersebut dikarenakan semakin banyak akses yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website sendiri. Misalnya dengan menggunakan situs website builder seperti Wix, Circlo, WordPress, bahkan Blogger yang bisa digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Perbedaan Website, Laman dan Blog

Beberapa dari Anda mungkin masih ada yang bingung mengenai perbedaan website, laman atau web pages dan blog. Sebab ketiganya sama-sama berhubungan dengan membagikan informasi di internet.

Oleh karena itu, berikut ini kami akan membahas mengenai perbedaan website, laman dan blog.

Apa itu Website?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pengertian website adalah sebuah jaringan web atau situs yang berisi dari berbagai macam laman. Bisa dibilang, website merupakan kumpulan dari laman dan blog yang berada di satu media.

Biasanya, website adalah media yang paling sering digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di internet, khususnya dengan memanfaatkan mesin pencarian Google. Karena dalam satu media ini, pengunjung website Anda sudah bisa melakukan transaksi, melihat-lihat seluruh produk, bertanya mengenai ketersediaan barang, maupun untuk menghubungi customer service bila ingin mengajukan keluhan.

Apa itu Laman?

Laman, web pages atau site merupakan salah satu bagian utama dalam sebuah website. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, website merupakan media informasi yang terdiri dari banyak laman atau web pages.

Biasanya, laman yang ada di dalam website dibuat dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya satu laman digunakan sebagai landing page atau laman utama, kemudian laman yang lain digunakan khusus untuk melakukan transaksi secara langsung.

Apa itu Blog?

Blog sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk jenis web pages yang berisikan artikel atau informasi. Namun bukan berarti website bisnis tidak bisa memiliki laman blog di dalamnya.

Justru blog merupakan media yang tepat untuk menjelaskan produk yang dijual oleh usaha Anda. Misalnya untuk menjelaskan bahan-bahan pembuatnya, menjelaskan apa saja kegunaannya, berapa harganya, dan masih banyak lagi.

Mana yang Terbaik untuk Bisnis, Membuat Website, Laman atau Blog?

Karena website merupakan sebuah media yang didalamnya terdapat laman maupun blog, artinya sudah jelas bahwa membuat website khusus untuk bisnis adalah jalan terbaik untuk membawa bisnis Anda ke arah digital yang lebih modern.

Membuat blog yang membahas produk dalam usaha tersebut beserta informasi-informasinya juga bisa menjadi cara yang tepat untuk melakukan promosi. Sebab blog berisi artikel informasi jauh lebih cepat untuk di-index oleh mesin pencarian dibandingkan laman transaksi ataupun landing page.

Namun, blog saja terkadang tidak cukup untuk meningkatkan penjualan. Karena sebagai calon pembeli, pastinya Anda ingin menggunakan media dimana semuanya bisa dilakukan di satu tempat. Mulai dari memilih barang hingga melakukan pembayaran.

Oleh karena itu banyak website bisnis yang di dalamnya terdapat laman khusus berisi artikel dan blog. Dengan begitu mereka bisa melakukan promosi melalui artikel serta transaksi melalui laman khusus.

pengertian blog

Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis

Setelah mengetahui pengertian website, laman dan blog, sekarang waktunya memahami apa saja manfaat dari website bisnis untuk perkembangan usaha Anda.

1. Menjangkau Calon Pembeli yang Lebih Luas

Bila hanya melakukan promosi secara konvensional dengan membuka stan di pameran atau di supermarket, bentuk promosi tersebut mungkin hanya bisa menjangkau 50 hingga 100 orang. Itupun tidak semua orang ingin mencoba produk Anda atau sekedar melihat brosur yang disebarkan.

Namun dengan menggunakan website bisnis, Anda bisa menjangkau hingga ribuan orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Dan yang paling penting, pengunjung yang datang ke website tersebut bukanlah orang yang sekedar lewat saja. Melainkan orang-orang yang sedang berniat membeli produk yang sama dengan apa yang bisnis Anda sediakan.

2. Sebagai Media Branding

Website bisnis juga merupakan media terbaik untuk melakukan branding secara digital dengan metode yang lebih modern. Sebab website bisa meningkatkan brand awareness dengan sangat efektif.

Biaya yang dibutuhkan untuk branding menggunakan website juga jauh lebih murah dibandingkan menggunakan cara konvensional. Daripada membuat poster dan spanduk yang dipajang dimana-mana, lebih baik Anda membuat satu website yang bisa berada di halaman pertama pencarian Google.

3. Sebagai Portofolio Tambahan

Terakhir, website juga merupakan portofolio tambahan yang membuat usaha Anda semakin menarik di mata para calon investor. Karena dengan memiliki website bisnis sendiri, artinya Anda mempertimbangkan pengaruh pergerakan jaman kepada usaha dengan serius.

Dan seperti yang sudah dikatakan tadi, perusahaan ataupun usaha yang masih menggunakan cara penjualan konvensional akan lebih sulit untuk bersaing dengan bisnis yang sudah go digital. Sedangkan seorang investor pastinya lebih ingin memberikan modal kepada bisnis dengan prospek yang baik dibandingkan yang buram.

Demikianlah pengertian website, perbedaannya dengan blog dan fungsinya untuk sebuah bisnis. Melihat pentingnya memiliki website khusus bisnis, ada baiknya Anda tidak menunda-nunda lagi membuat website bisnis. Jika belum punya modal untuk mempekerjakan web desainer profesional, tidak ada salahnya mencoba belajar membuat website sendiri secara otodidak.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram