Agustus 11, 2022

Intip Cara Mendapatkan Organic Traffic di Sini!

Kategori: ,

Ketika Anda menginginkan traffic website yang tinggi dengan biaya yang minim, maka SEO adalah solusinya. Pada SEO, mendapatkan traffic organic adalah fokus utama yang diprioritaskan. Sehingga, Anda tidak perlu membayar biaya tertentu karena semua yang datang ke website Anda bersifat organic.

Kelebihan SEO yang bisa mendatangkan traffic organic ini praktis membuat orang tergiur untuk mencobanya. Tapi, sebelum Anda mempelajari lebih lanjut tentang teknik SEO, Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang apa itu organic traffic dan bagaimana cara mendapatkan organic traffic.

Intip Cara Mendapatkan Organic Traffic di Sini!

Apa Sih Organic Traffic Itu?

Pada dasarnya, traffic website itu adalah jumlah orang yang berkunjung ke website Anda. Baik  itu melihat, membaca, maupun berinteraksi dengan Anda melalui fitur komentar. Orang-orang yang datang ini akan terekam oleh domain sebagai traffic.

Traffic sendiri ada dua macam yaitu, paid traffic dan organic traffic. Paid traffic adalah orang yang datang dari iklan yang Anda bayarkan. Biasanya paid traffic muncul karena Search Engine Marketing (SEM).

Sedangkan organic traffic adalah orang datang secara sukarela atau bukan dari iklan. Biasanya, organic traffic datang dari orang yang mencari secara mandiri lewat keyword yang diketik pada mesin pencari. Mereka menemukan dan mengunjungi konten website Anda atas inisiatif mereka sendiri.

Karena bukan berasal dari iklan, organic traffic juga sangat berpengaruh terhadap skor Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Dengan meningkatnya skor DA dan PA tentu juga akan berpotensi pula untuk meningkatkan ranking website berdasarkan indeks Google.

Jadi dapat disimpulkan bahwa organic traffic adalah salah satu penentu bagi website untuk bisa menduduki halaman utama dari mesin pencari (Google).

Baca juga: 5 Langkah Buat Meta Title Yang SEO Friendly

Ketahui Pentingnya Organic Traffic Bagi Website Anda

Mengetahui definisi dari organic traffic tidak lengkap sebelum tau seberapa penting organic traffic bagi website Anda. Di bawah ini beberapa manfaat penting dari organic traffic yang wajib Anda tau.

1. Menjaring Audiens Lebih Luas

Organic traffic bekerja secara bertahap. Hal tersebut disebabkan oleh karakter organic traffic yang memang menghadirkan konten-konten spesifik. Jadi, audiens yang ditargetkan pun juga lebih spesifik.

Meskipun spesifik, organic traffic justru akan berpotensi mendatangkan audiens jauh lebih luas. Orang-orang dengan karakter yang sama (spesifik) akan mengakses informasi dari website Anda karena sesuai dengan diri mereka dan apa yang mereka butuhkan.

Orang-orang spesifik yang Anda kumpulkan ini akan membentuk semacam jaringan yang akan memperluas jangkauan website Anda.

2. Investasi Jangka Panjang

Jika Anda menginginkan website berumur panjang, maka menggunakan organic traffic adalah cara terbaik yang perlu dipertimbangkan. Hal ini tentu sangat berhubungan dengan SEO yang bekerja perlahan untuk mengumpulkan organic traffic.

Dengan organic traffic yang sudah terbentuk, Anda bisa menyiapkan strategi seperti newsletter, e-commerce, atau bahkan menambah engagement rate media sosial.

3. Meningkatkan Popularitas Website

Ketika berbicara tentang popularitas website, organic traffic tidak boleh dilupakan. Website yang populer dan selalu muncul di halaman utama pasti memiliki organic traffic yang tinggi. 

Hal tersebut tentu terjadi karena banyak orang yang mengakses website tersebut dan menyebarluaskannya. Ini yang kemudian menjadi pertimbangan Google untuk menaikkan ranking website dan bisa tampil di halaman utama.

Setelah mengetahui pentingnya organic traffic website, tentu muncul pertanyaan:  “Bagaimana cara mendapatkan traffic organic? Tenang! Jawaban pertanyaan tersebut bisa Anda lihat di sini.

5 Cara Untuk Mendapatkan Organic Traffic

Mendapatkan ranking yang tinggi adalah mimpi semua pemilik website. Namun, untuk mencapai titik itu bukan hal yang mudah. Meskipun tidak mudah, selalu ada cara untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan organic traffic dengan bantuan SEO.

Simak 5 cara mendapatkan organic traffic untuk website Anda berikut ini.

1. Gunakan Long Tail Keywords

Cara pertama sekaligus yang sudah terbukti efektif untuk mendatangkan organic traffic adalah dengan menggunakan long tail keywords

Long tail keywords adalah kata kunci yang sangat spesifik dan  memiliki volume lebih kecil. Dengan volume lebih kecil, peluang konten website ditemukan oleh orang lain menjadi lebih besar. 

Long tail keywords juga akan membuat Anda lebih mudah menemukan audiens yang berimbas pada naiknya organic traffic. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih kata yang sedang trending dan paling sesuai dengan karakter audiens Anda. Setelah itu mencari sudut pandang yang berbeda untuk dijadikan keywords spesifik.

2. Optimalkan SEO On Site

SEO On Site adalah sebuah cara untuk memaksimalkan keseluruhan konten dalam sebuah artikel sudah sesuai dengan karakter audiens. SEO On Page ini meliputi keywords, bahasa artikel, gambar, dan url yang ditautkan pada artikel.

Salah satu cara mengoptimalkan SEO On Site adalah dengan menambahkan inbound link ke artikel yang dibuat. In bound link ini akan mendirect audiens untuk mampir ke konten lain di website Anda.

Dengan cara ini, tidak hanya traffic satu halaman saja yang akan naik, tapi juga traffic halaman yang linknya di tautkan di artikel pertama.

Intip Cara Mendapatkan Organic Traffic di Sini!

3. Manfaatkan fitur “People Also Ask” Pada Google

Ketika Anda membuka Google untuk mencari sesuatu, maka Google akan menampilkan fitur “people also ask” pada bagian tengah halaman utama. Fitur ini untuk menunjukan kepada Anda konten-konten yang relate dengan yang Anda cari.

Bagi penulis website, “people also ask” ini bisa menjadi ladang untuk pertumbuhan organic traffic. Alasannya adalah karena Google telah mendeteksi bahwa orang-orang menyukai topik tersebut. Jadi, jika Anda menulis dengan topik yang sama, besar kemungkinan akan mendatangkan traffic yang tinggi.

4. Promosikan Konten Website

Mengandalkan SEO untuk mendapatkan organic traffic memang jadi solusi yang bagus. Tapi jika Anda menginginkan organic traffic datang lebih cepat, maka Anda perlu melakukan promosi. 

Promosi konten ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari share ke media sosial, menggunakan jasa influencer marketing, maupun share ke komunitas  tertentu.

Intinya, dengan membagikan konten yang Anda buat berarti Anda sedang menjemput bola. Semakin banyak orang melihat kontan Anda maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan organic traffic yang lebih tinggi.

5. Guest Blogging

Guest blogging merupakan sebuah cara untuk mendapatkan organic traffic melalui tulisan yang Anda buat di website lain. Anda bisa mendaftar sebagai penulis di website yang menyediakan guest blogging. Pada tulisan Anda, sisipkan outbound link yang mengarah ke website milik Anda.

Melalui outbound link yang Anda sertakan pada artikel website guest blogging, Anda dapat mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi. Hal ini tentu saja karena orang yang membaca tulisan Anda di website guest blogging akan berpotensi untuk mengunjungi outbound link yang Anda sertakan.

Organic traffic adalah sebuah cara untuk mempertahankan website dalam jangka waktu yang lebih lama. Melalui organic traffic, Anda bisa menjalankan aktifitas website lebih murah dan aman. Untuk mendatangkan organic traffic memang tidak mudah, tapi secara perlahan website Anda akan terus bertumbuh.

Jika Anda membutuhkan bantuan jasa agency SEO, jangan ragu untuk mengunjungi growandbless.com!

Artikel ditulis oleh Ardian Susanto
Ardian Susanto adalah CEO dan Founder dari Grow&Bless Digital Marketing Agency Indonesia. Ia membangun Grow&Bless dengan spesialisasi di SEO dan SEM untuk membantu bisnis dapat tumbuh di dunia digital.
Let’s get your business online boosted,
and Grow together with G&B Now!
contact growandbless
Still Not Sure with our service to fit your needs?
Message Us Now
Need Help? We’re happy to help you! +62 811 921 2219 | hello@growandbless.com
google review for growandbless
clutch.co review for growandbless
Google Partner Ads Indonesia
chevron-downarrow-up-circle linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram