Agustus 10, 2022

Ukur Performa Website Anda dengan DA PA!

Kategori:

Semua hal dalam digital marketing itu harus terukur. Begitu pula dengan kesehatan sebuah website. Sebagai salah satu channel digital marketing, website punya peran yang sangat penting. Oleh karena itu, kesehatan website harus benar-benar terjaga dan terukur. Untuk mengukur kesehatan website ada sebuah cara yang disebut dengan DA PA. 

DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan indikator yang bisa dijadikan tolak ukur untuk meninjau performa website secara menyeluruh. Dengan DA PA, Anda bisa tau berapa skor performa website. Semakin tinggi skornya maka semakin baik performa website tersebut.

Dengan mengukur DA PA, Anda bisa melakukan evaluasi website secara berkala untuk meningkatkan kualitas dan ranking website yang Anda kelola. DA PA juga sering digunakan dalam SEO untuk mendukung optimasi website. Pada artikel ini akan dibahas lebih detail tentang DA PA dan bagaimana cara penggunaannya.

Ukur Performa Website Anda dengan DA PA!

Apa Sih Domain Authority (DA) Itu?

Domain Authority (DA) adalah skor indikator yang diberikan oleh salah satu tools SEO populer bernama MOZ, untuk memprediksi peluang ranking sebuah website di mesin pencari. Skor DA adalah antara 1-100. Semakin tinggi skor DA maka semakin besar peluang ranking website untuk naik.

Adapun salah satu faktor penentu kenaikan skor DA adalah usia dari website tersebut. Semakin lama usia website, maka berpotensi menambah skor DA.

Meskipun DA akan sangat membantu dalam evaluasi website dan memproyeksikan pengembangan, skor DA tetap tidak bisa dijadikan patokan. Google tidak menjadikan DA sebagai tools resmi untuk mengukur ranking sebuah website. Jadi, skor yang muncul pada DA hanya berperan sebagai prediksi, bukan penentu.

Baca juga: Memahami Pengertian Domain untuk Penyempurnaan Website

Pengertian Page Authority (PA)

Selain DA, ada indikator lain untuk mengukur kesehatan website bernama Page Authority (PA). Page Authority adalah skor indikator yang juga dikeluarkan oleh MOZ untuk mengukur peluang halaman website bisa muncul di mesin pencari.

Skor yang digunakan sebagai tolak ukur dalam PA juga antara 1-100. Semakin tinggi skor, maka semakin besar peluang untuk muncul di halaman utama mesin pencari.

Jika DA melihat skor website secara keseluruhan, maka PA berfokus pada halaman website tertentu. Dengan mengetahui skor PA, Anda bisa melakukan evaluasi pada konten website yang memiliki skor rendah. Jadi, kualitas konten website akan semakin baik dan sesuai dengan karakteristik pelanggan.

Cara Mengukur Skor DA PA

Setelah mengetahui pengertian dari DA dan PA, pasti muncul banyak pertanyaan tentang bagaimana cara melihat skor DA PA. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat skor dari DA dan PA website.

1. Kunjungi website MOZ

Langkah pertama harus Anda lakukan untuk melihat skor DA dan PA adalah dengan mengunjungi website https://analytics.moz.com/. Setelah login, pilihlah “Free SEO Tools”

Cara Mengukur Skor DA PA

2. Tulis Alamat Website

Setelah masuk ke dalam website MOZ, Anda hanya perlu mengikuti step yang ada pada MOZ. Tuliskan alamat domain website Anda pada kolom yang disediakan, maka Anda akan segera mendapatkan informasi skor DA, Linking Domains, Inbound Links dan Ranking Keywords.

Jika ingin melihat skor PA, maka scroll ke bagian bawah dan temukan “Top Page by Link”. Pada bagian tersebut, MOZ akan menampilkan skor PA website Anda.

Untuk melihat skor Domain Authority dan Page Authority pada MOZ ini, Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Namun, jika Anda perlu melihat analisa dengan lebih detail, maka fitur premium bisa dipertimbangkan.

Setelah melihat skor DA dan PA, Anda bisa melakukan evaluasi tentang keseluruhan website, baik konten maupun fitur. Hal ini diperlukan agar skor DA dan PA website Anda bisa meningkat.

Baca juga: Mengetahui Penyebab Website Lambat dan Dampaknya

Meningkatkan Skor DA PA

Mengingat skor DA PA yang bisa dijadikan alat ukur kesehatan website, tentu akan lebih baik jika Anda terus meningkatkan skor tersebut. Sebagaimana skor pengukur digital marketing lain, skor DA dan PA juga dapat ditingkatkan dengan berbagai strategi. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skor DA dan PA.

1. Tingkatkan Kualitas Konten

Konten berkualitas itu adalah konten yang dapat menjadi rujukan bagi orang lain ketika mereka membutuhkan informasi tertentu. Jadi, yang perlu ditekankan pada konten website bukan berapa jumlah kontennya, tapi seberapa berpengaruh konten tersebut. 

Sebagaimana tujuan dari dibuatnya website, artikel pada website itu dibuat untuk menjawab rasa keingintahuan pelanggan. Oleh karena itu, pembahasan tentang konten setidaknya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik mereka. 

Dengan menyesuaikan konten dengan karakter pelanggan, maka tingkat keterbacaan konten akan meningkat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada traffic dan skor DA PA yang juga akan ikut meningkat.

2. Management Backlink

Sebagai penulis website, backlink menjadi hal yang penting. Backlink adalah salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas website ketika pengindeksan Google berlangsung. Semakin banyak jumlah orang yang menjadikan artikel website sebagai referensi penulisan orang lain, maka semakin kredibel website tersebut.

Tapi, yang perlu diwaspadai di sini adalah indikasi terjadinya Private Blog Network (PBN). Anda perlu berhati-hati dalam mengatur backline agar tidak terdeteksi PBN oleh Google dan berakibat pada terhapusnya seluruh traffic website.

Selain backlink, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan Inbound link. Inbound link ini akan membantu audiens untuk menemukan topik serupa yang mereka cari.

3. Optimalkan Fitur Website

Ketika hendak meningkatkan skor DA PA dibutuhkan traffic yang tinggi. Untuk mendapatkan traffic tinggi, fitur website sangat berperan penting. Apalagi saat ini banyak orang membaca konten website melalui smartphone. 

Oleh karena itu, Desain website perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembaca agar tidak ada konten yang terpotong. Pengaturan website seperti ini biasa disebut dengan mobile friendly.

Selain mobile friendly, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yakni tentang loading website. Semakin berat website Anda melakukan loading, maka semakin sedikit orang yang mau membaca konten website tersebut.

Jadi, untuk menarik hati audiens sekaligus meningkatkan skor DA PA, sebaiknya website didesain sebersahabat mungkin.. Tidak perlu didesain dengan rumit, yang terpenting di sini adalah kenyamanan audiens ketika mengakses website Anda. 

4. Manfaatkan Fitur Share

Salah satu yang diperhitungkan dalam DA PA adalah jumlah share ke media sosial. Semakin banyak konten yang Anda share, maka akan semakin meningkat pula skornya.

Selain meningkatkan skor DA dan PA, membagikan konten website ke media sosial juga berpotensi menjaring audiens lebih jauh lagi. Followers media sosial Anda akan melihat konten website yang Anda bagikan. Jika mereka tertarik mereka akan mengunjungi website dan menambah traffic.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Website Yang Responsif 

Setelah melihat ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa skor DA PA memiliki peranan penting untuk mengetahui kesehatan website. Sangat disarankan bagi Anda untuk rutin melakukan pengecekan terhadap skor tersebut.

Namun, skor DA PA tetap tidak bisa menjadi penentu ranking pada Google. Jadi, Anda tetap perlu melakukan strategi lain untuk bisa menduduki puncak halaman utama. Seperti mengoptimalkan SEO, desain website, keyword research, dan lain-lain.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk optimasi website, baik SEO maupun web design, Grow & bless bisa membantu menyelesaikan masalah Anda. Akses informasi layanan Grow & Bless di sini.

Artikel ditulis oleh Ardian Susanto
Ardian Susanto adalah CEO dan Founder dari Grow&Bless Digital Marketing Agency Indonesia. Ia membangun Grow&Bless dengan spesialisasi di SEO dan SEM untuk membantu bisnis dapat tumbuh di dunia digital.
Let’s get your business online boosted,
and Grow together with G&B Now!
contact growandbless
Still Not Sure with our service to fit your needs?
Message Us Now
Need Help? We’re happy to help you! +62 811 921 2219 | hello@growandbless.com
google review for growandbless
clutch.co review for growandbless
Google Partner Ads Indonesia
chevron-downarrow-up-circle linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram