Grow and Bless Digital Marketing
Juli 21, 2021
/

Mengenal Apa Itu Kata Kunci Website (Keyword)

Oleh: 
Ardian Susanto

Memilih kata kunci untuk website sangatlah penting. Baik kata kunci yang digunakan untuk setiap unggahan konten di situs tersebut maupun keyword yang digunakan secara keseluruhan. Dengan memilih keyword yang tepat, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih terarah ketika ingin melakukan promosi secara digital.

Sebagai pengguna internet, pastinya Anda harus memasukan keyword atau kalimat tertentu di dalam mesin pencarian Google ketika sedang browsing. Kemudian kata yang sudah diketik akan mengarahkan Anda ke daftar situs berisi informasi yang berhubungan dengan kata tersebut.

kata kunci

Secara sederhana, seperti itulah cara kata kunci dalam Google bekerja. Dimana situs Anda akan muncul ketika pengguna internet memasukan keyword tertentu dalam pencarian Google.

Namun pastinya, ada ratusan bahkan ribuan situs dengan informasi serupa yang saling bersaing dengan keyword yang sama. Jadi sebagai pemilik website, kita harus tahu bagaimana cara memilih dan mengoptimasi keyword dengan tepat agar situs bisnis bisa bersaing di halaman pertama pencarian Google.

Apa Itu Kata Kunci untuk Website?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, keyword dalam website adalah hal yang menentukan topik utama dalam website tersebut. Bisa dibilang, keyword merupakan tema atau gagasan utama dalam sebuah artikel, halaman, maupun segala macam konten yang akan Anda unggah di situs.

Kebanyakan situs bisnis dan toko online menggunakan keyword sesuai dengan bisnis yang mereka jalani. Misalnya website jualan ikan cupang akan menjadikan "Jual ikan cupang" sebagai keyword utama. Atau website toko baju online akan menggunakan kata "Baju murah online" sebagai keyword utama.

Dengan begitu website mereka akan selalu muncul di mesin pencarian ketika ada pengguna internet yang mengetik kata atau klausa tersebut di mesin pencarian.

Namun seperti yang sudah dikatakan tadi, ada ribuan website dengan keyword yang sama yang saling bersaing di Google. Sedangkan halaman 1 Google hanya bisa diisi oleh 8 hingga 10 situs saja di dalamnya.  

Jadi Anda perlu cermat dalam menargetkan keyword, dimana keyword tersebut memiliki pencarian tinggi namun kompetisi rendah. Itulah mengapa, Anda membutuhkan SEO Keywords sebagai target kata kunci pertama.

Apa itu SEO Keywords?

Dikutip dari situs Backlinko, arti kata kunci SEO atau SEO Keywords adalah sebuah keyword yang dipilih secara khusus untuk meningkatkan ranking hasil pencarian situs Anda. Artinya, konten yang akan diunggah pada situs tersebut dibuat secara khusus untuk menyesuaikan dengan keyword yang dipilih.

Dengan SEO Keywords, Anda bisa meningkatkan jumlah pengunjung di situs dalam waktu yang lebih cepat dan yang lebih mudah.

Karena biasanya keyword yang dianggap SEO optimized adalah yang memiliki pencarian tinggi dan tingkat kopetitif sedang hingga ringan.

Artinya Anda tidak perlu memiliki website dengan DA & PA yang sangat tinggi, memasang backlink dimana-mana, hingga menyewa jasa SEO profesional untuk bisa bersaing dan menduduki halaman pertama pencarian Google.

kata kunci

Cara Mencari Kata Kunci Terbaik untuk Website

Dalam mencari keyword SEO terbaik untuk website, Anda perlu melakukan sedikit riset. Layaknya riset pasar, riset keyword juga dilakukan untuk mengetahui apa saja topik atau produk yang disukai banyak orang, apakah sudah banyak perusahaan atau website yang membuat konten dengan topik yang sama, serta apakah situs Anda bisa bersaing dalam topik tersebut.

Sebelum mengetahui cara mencari kata kunci, Anda perlu tahu dulu bahwa ada 2 jenis keyword dalam dunia SEO, yaitu:

  • Short tail keyword, yaitu kata kunci yang terdiri kurang dari 3 suku kata
  • Long tail keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih

Biasanya short tail keyword memiliki jumlah pencarian yang sangat banyak hingga mencapai ratusan ribu per bulannya. Namun di satu sisi, jenis keyword ini juga banyak ditargetkan oleh situs besar lainnya hingga tingkat kompetitifnya juga ikut tinggi.

Sedangkan long tail keyword adalah kata kunci dengan pencarian dari belasan ribu hingga ratusan per bulan. Namun keyword ini tidak memiliki tingkat kompetitif yang tinggi, sehingga cocok untuk website atau blog baru.

Nah, berikut ini kami juga akan membantu Anda mencari keyword kata kunci terbaik untuk konten di website dengan memanfaatkan Google Planner dan Semrush.

Cara Riset Keyword dengan Google Planner

Google Planner merupakan situs yang disediakan gratis oleh Google untuk para digital marketing yang ingin melakukan riset pasar. Anda juga termasuk orang yang bisa memanfaatkan website ini untuk riset SEO Keywords untuk website bisnis masing-masing. Berikut ini adalah cara riset keywrod dengan Google Planner yang bisa Anda ikuti.

  • Pertama-tama, buat daftar kata kunci yang sekiranya berhubungan dengan website Anda. Baik berhubungan dengan produk maupun dengan konten yang ingin Anda buat
  • Kemudian masuk ke situs Google Planner dengan menggunakan akun Google Ads
  • Klik tulisan Google Keyword Planner
  • Lanjutkan ke Keyword Planner yang ada di bagian Planning
  • Masukan kata kunci dari daftar yang sudah Anda buat tadi ke dalam kolom kosong yang sudah tersedia di sana
  • Nantinya, Google akan memberikan kumpulan keyword dalam bentuk long tail maupun short tail yang berhubungan dengan daftar kata kunci tadi

Google Planner ini juga akan mencantumkan jumlah pencarian dalam sebulan serta tingkat kompetisi untuk keyword tersebut.

Jika sekiranya Anda masih mencari kata kunci yang mudah bersaing, pilihkan keyword dengan jumlah pencarian di bawah 2 ribu dan di atas 500 dengan tingkat kompetitif low.

Cara Riset Kata Kunci dengan KWFinder

Cara melakukan riset kata kunci yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs KW Finder. Sama dengan Google Planner, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan gratis untuk riset keyword tanpa harus membayar biaya langganan.

Bukan hanya itu, Anda juga tidak perlu memiliki akun Google Ads untuk menggunakan situs ini. Nah, jadi silahkan langsung masuk ke situs KW Finder dan ikuti langkah-langkah di bawah.

  • Langkah pertama, buat daftar keyword seperti yang sudah dilakukan sebelumnya
  • Masukan kata kunci tersebut ke kolom yang sudah tersedia dalam situs KW Finder
  • Akan muncul kumpulan daftar baru berisikan keyword dengan jumlah pencarian dan tingkat kesulitan yang beragam

Sekarang Anda hanya perlu melakukan analisa terhadap setiap keyword. Pilih yang sekiranya mudah namun memiliki pencarian yang lumayan banyak.

Seperti pada Google Planner, kami juga menyarankan Anda memilih kata kunci dengan volume pencarian di atas 500 dan dibawah 2000 dengan tingkat kesulitan rendah untuk blog yang masih baru.

Jika website Anda sudah memiliki banyak DA & PA, barulah waktunya mencari short tail keyword dengan volume pencarian ratusan ribu per bulan.

Seperti itulah pengertian dan cara mencari kata kunci untuk website. Jangan lupa, Anda juga harus memilih keyword dengan topik bahasan yang Anda pahami agar bisa menyampaikan informasi yang berkualitas, tidak kaku, dan terlihat meyakinkan oleh Google.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram