Grow and Bless Digital Marketing
Juli 12, 2021
/

10 Faktor Yang Perlu Diperhatikan Untuk On Page SEO Website

Oleh: 
Ardian Susanto

On page SEO atau SEO on page merupakan salah satu jenis dari optimasi Search Engine Optimization. Dari sekian banyak langkah optimasi seo yang harus dilakukan untuk website Anda, SEO on page menjadi salah satu hal penting yang wajib Anda terapkan. Apa itu SEO on page dan bagaimana penerapannya? Mari kita bahas pada konten berikut ini.

Apa Itu On Page SEO?

On page SEO adalah optimasi mesin telusur yang dilakukan dari dalam website. Kalau menurut backlinko, jenis SEO ini diartikan sebagai praktik mengoptimalkan konten pada halaman situs atau webiste agar bisa masuk peringkat teratas pencarian Google dan mudah dicari oleh pengguna.

Mengerti On page seo

Pada intinya, optimasi mesin telusur ini dilakukan dari dalam dengan cara mengoptimalkan konten-konten atau artikel yang ada pada web. Bukan hanya isi konten saja yang dioptimalkan, melainkan juga hal-hal lainnya yang saling berkaitan.

Komponen yang Perlu Dioptimalkan dalam SEO On Page

Dalam penerapan on page SEO, ada beberapa komponen yang harus Anda optimalkan supaya website Anda bisa bersaing di mesin pencari dan berpeluang besar mengalahkan kompetitor. Apa sajakah itu?

1. Keyword

Keyword atau Kata Kunci merupakan salah satu hal penting yang wajib dioptimalkan terlebih dahulu.Ya sebenarnya Anda boleh-boleh saja menargetkan kata kunci apa saja, namun untuk mampu bersaing dengan banyak kompetitor di pencarian google Anda membutuhkan kata kunci yang tepat.

Artinya, kata kunci tersebut haruslah banyak yang mencari dan tepat sasaran. Karena percuma saja, Anda sudah capek-capek buat konten tetapi tidak ada seorang pun yang mencarinya. Penentuan keyword dimulai dari riset yang harus mempertimbangkan kebutuhan user.

2. Judul

Judul adalah pengembangan dari keyword. Misalnya, Anda sudah memilih kata kunci "Cara Membuat Rooti Bakar" maka judulnya bisa dibuat seperti ini :

  • Cara Membuat Roti Bakar Enak
  • Cara Membuat Roti Bakar Sedap
  • Cara Membuat Roti Bakar Rasa Coklat
  • Cara Membuat Roti Bakar Rasa Anggur
  • Dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti penentuan keyword, menentukan judul pun tidak bisa dilakukan asal-asalan. Sebuah judul konten yang dikatakan SEO Friendly apabila memenuhi persyaratan :

  • Mengandung Keyword : Pada contoh di atas 'Cara Membuat Roti Bakar Enak' adalah contoh penerapan judul yang mengandung keyword. Adapun keyword yang ditargetkan adalah 'Cara Membuat Roti Bakar'.
  • Menarik : Judul juga harus menarik dan membuat pengguna tertarik mengklik konten tersebut. Mayoritas artikel yang berada di peringkat atas SERP pasti judul-judulnya menarik,
  • Tidak Terlalu Panjang. Judul juga disarankan tidak terlalu panjang supaya tidak terpotong saat ditampilkan di mesin pencari. Judul yang ideal berjumlah 55-60 karakter.

3. Konten atau Artikel

Konten merupakan salah satu bagian terpenting dari optimasi on page SEO. Karena dari kontenlah bisa diketahui apakah user merasa puas dengan isi yang ada di dalamnya. Sebagaimana yang diketahui, algoritma terbaru memprioritas user experience, jadi jika user tidak puas maka bersiaplah website Anda terlempar dari mesin pencari.

Konten website

Untuk memberi kepuasan pengunjung, Anda wajib membuat konten yang berkualitas. Nah apa sih yang dimaksud konten berkualitas itu? Sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  • Memberikan manfaat bagi pengunjung : Artinya harus bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membaca. Sebagai contoh, konten cara membuat roti bakar bila isinya bagus dan berbobot tentu saja membuat pengunjung bisa membuat roti bakar sendiri di rumah mereka. Itulah manfaat yang mereka dapatkan.
  • Lebih menonjol dari konten lain : di SERP, ada banyak konten yang sebetulnya membahas hal yang sama. Tapi, tidak semua mendapatkan rangking 1 bukan? Ada juga yang menduduki 2, 3, 4, dst. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda benar-benar membuat konten yang lebih menonjol daripada lainnya.
  • Dibaca dalam jangka waktu yang lama : Google sangat suka konten yang bisa membuat pengunjung membaca konten tersebut dalam waktu yang lama. Indikatornya bukan sekadar tulisan panjang, melainkan juga enak dibaca dan bisa memberikan solusi.

Jangan sekali-sekali membuat tulisan yang tidak original, tidak berbobot, tidak bermanfaat karena google tidak suka dan website Anda dijamin gagal masuk ke peringkat atas google.

4. URL

URL, tautan atau link yang biasanya terdapat di address bar ini tetap memiliki pengaruh meskipun tidak terlalu besar.  URL yang baik harus memenuhi beberapa kriteria yaitu :

  • Mengandung keyword.
  • Tidak terlalu panjang.

Mari kita bahas satu per satu.

Yang pertama URL wajib mengandung kata kunci. Hal ini bertujuan agar bisa memberikan pengaruh bagi website ke mesin pencari. Contohnya sebagai berikut :

domain.com/cara-membuat-roti-bakar

Selain itu, alangkah lebih baik jika tautan tidak terlalu panjang. Tujuannya supaya tautan tersebut lebih khusus menargetkan kata kunci tertentu. Contohnya :

Disarankan : domain.com/cara-membuat-roti-bakar

Tidak disarankan : domain.com/cara-membuat-roti-bakar-dengan-mudah-dan-cepat.

5. Meta Description

Meta description atau meta deskripsi merupakan cuplikan ringkasan artikel yang biasanya juga ditampilkan di mesin pencari selain judul dan URL. Sama seperti URL, sebetulnya meta deskripsi sudah tidak memiliki pengaruh besar terhadap perangkingan pada hasil penelusuran google.

Lalu mengapa deskripsi tetap dimasukkan dalam daftar? Baik, akan saya jelaskan.

Sama halnya judul, penentuan deskripsi sangat berpengaruh terhadap ketertarikan pengunjung untuk mengklik konten tersebut. Jika mereka beranggapan deskripsi tidak menarik, maka kemungkinan besar mereka tidak akan membukanya.

Lagi lagi ini soal user experience. Dimana kepuasan pengunjung menjadi prioritas penilaian google dalam menentukan website atau blog mana yang layak menjadi raja di mesin pencari.

Lalu, bagaimana cara membuat meta deskripsi yang baik itu?

Meta description yang baik adalah deskriptif dan mengundang klik. Artinya, meta deskripsi harus benar-benar mendeskripsikan seluruh isi artikel dengan jumlah karakter yang ideal adalah 120-130. Selain itu, isi deskripsi sebaiknya mengandung kata kunci utama dan dibuat semenarik mungkin agar mengundang klik.

6. Gambar

Banyak perdebatan soal penggunaan gambar di dalam artikel website. Ada yang bilang harus ada, namun tidak sedikit pula yang menganggap bahwa gambar sebaiknya tidak perlu dimasukkan karena menjadi salah satu penyebab akses loading situs menjadi lebih lambat.

Lantas, bagaimana yang benar

Bagaimana pun juga, gambar tetaplah penting karena bisa menjadi nilai tambahan. Kalau 100% isi tulisan semua, pasti sangat membosankan. Tulisan di mana pun, termasuk di buku pasti terdapat gambar di dalamnya meskipun hanya satu atau dua saja.

Menggunakan Image Sendiri

Bukan hal yang sia-sia menambahkan multimedia di dalam konten situs kita. Yang sia-sia adalah apabila menambahkan gambar tetapi gambar tersebut tidak dioptimalkan dengan baik.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memasukkan gambar ke dalam konten :

  • Pertama, alangkah lebih baik menggunakan gambar hasil jepretan sendiri karena lebih original. Semakin bagus lagi kalau hasil jepretannya benar-benar bagus.
  • Gambar juga harus berhubungan dengan konten yang Anda buat. Kalau membuat artikel resep roti bakar, pastikan gambarnya adalah roti bakar bukan makanan lain.
  • Ketiga, sebaiknya gunakan ekstensi .jpg atau .png karena kedua ekstensi tersebut ringan dan sangat mudah dioptimasi.
  • Jangan upload gambar berukuran terlalu besar (lebih dari 100 kb), tetapi sebaiknya upload gambar berukuran di bawah 80 kb. Jika ukuran dan resolusi gambar masih terlalu besar, Anda bisa memperkecilnya di situs khusus compress gambar seoperti tinypng, compresspng, compressjpg, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Terakhir, jangan lupa tambahkan atribut alt pada gambar supaya gambar tersebut bisa dengan mudah terbaca oleh robot mesin pencari google. Atribut alt yang seo friendly adalah mengandung kata kunci tertaregt.

Kegagalan mengoptimasi gambar dapat menyebabkan situs menjadi lelet ketika diakses. Terlebih lagi, gambar yang diupload sangat banyak sekali.

7. Video

Video ini juga bersifat opsional, tapi tidak ada ruginya dimasukkan ke artikel jika memang dibutuhkan. Sama seperti gambar, video yang diunggah di web pun harus Anda optimasikan agar tidak berpengaruh terhadap kecepatan situs.

Berikut ini beberapa tips yang harus Anda ikuti :

  • Hanya upload video yang berhubungan dengan konten Anda. Kalau dirasa tidak perlu dan cukup dengan gambar, sebaiknya tidak usah saja.
  • Upload video dengan ukuran tidak terlalu besar. Tujuannya semata-mata supaya tidak memberatkan website Anda. Silakan kompres terlebih dahulu apabila videonya masih berukuran besar.

8. Internal Link

Sudah tahukah Anda apa itu internal link itu? Internal link adalah sebuah link yang mengarah ke link lain yang masih ada di dalam satu web. Dalam on page SEO, internal link memiliki peranan sangat penting dan benar-benar harus dioptimalkan.

Kenapa?

Tanpa internal link membuat pengunjung tidak melakukan tindakan lainnya di website Anda. Hal seperti ini menjadi penyebab bounce rate menjadi tinggi, waduh istilah apa lagi bounce rate itu?

Jadi begini penjelasannya :

Pengunjung yang mengunjungi website Anda dan membaca seluruh artikel Anda biasanya akan melakukan dua hal sebagai respon. Pertama, meninggalkan situs dan yang kedua adalah tetap di situs itu dengan membaca artikel lainnya.

Kalau pengunjung langsung pergi, artinya bounce rate tinggi sedangkan jika pengunjung membaca artikel lain dan lama-lama berada di website tersebut menandakan bounce rate rendah.

Dalam kaitannya dengan bounce rate, internal link berperan supaya pengunjung membaca artikel yang lainnya. Semakin banyak semakin bagus asalkan relevan.

Google sangat suka dengan website yang bukan hanya memiliki banyak pengunjung, melainkan pengunjungnya juga stay di website tersebut dalam jangka waktu yang lama.

9. Eksternal Link

Pada sebuah artikel, eksternal link bersifat opsional. Artinya, Anda boleh memasukkannya dan boleh juga tidak memasukkannya.

Wajib Anda ketahui, tidak bagus jika Anda memasukkan eksternal link terlalu baca di dalam artikel. Apalagi jumlahnya melebihi internal link.

10. Kecepatan Website

Algoritma Google 2021 terbaru menunjukkan bahwa kecepatan web memiliki pengaruh cukup besar terhadap pemeringkatan website di search engine. Anggap saja website A dan B sama-sama sudah dioptimasi, namun kecepatan keduanya berbeda.

Kecepatan Website penting untuk SEO

Situs atau blog yang lebih diutamakan google tentu saja situs yang cepat dan tidak lemot ketika diakses. Idealnya, loading situs setidaknya 3-5 detik lebih dari itu berarti sudah sangat lambat sekali.

Mengapa website bisa lambat?

Ada banyak sekali yang mempengaruhinya seperti server hosting, gambar, video, kode template, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat loading website antara lain :

  • Pilih web hosting yang cepat dan pastikan kredibilitas web hosting tersebut baik.
  • Gunakan template yang fast loading. Sebelum menggunakannya, silakan cek terlebih dahulu kecepatan demonya di pagespeed insight atau gtmetrix
  • Optimasi gambar dan video dengan baik.
  • Minifikasi HTML, CSS, Javascript
  • Manfaatkan plugin caching.

Baca Juga: Apa itu SEO? bagaimana cara kerjanya?

Panduan Menerapkan On Page SEO pada Website

Agar semakin paham, berikut kami berikan panduan dalam menerapkan SEO on page pada website Anda.

1. Riset Keyword

Semua diawali dari riset kata kunci terlebih. Tujuannya tentu saja supaya Anda menemukan kata kunci yang benar-benar potensil, bukan asal memilih kata kunci.

Dalam memilih keyword, wajib mempertimbangkan berbagai aspek yaitu jumlah volume pencarian, tingkat persaingan, dan user intent. Ada beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci potensial antara lain yaitu ubbursuggest, google keyword planner, ahrefs, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Menentukan Judul

Sudah menemukan keyword yang pas? Kini saatnya menentukan judul artikel. Sesuai penjelasan di atas, sebaiknya judul :

  • Mengandung kata kunci yang ditargetkan (Lebih baik lagi jika terdapat di awal kalimat).
  • Judul harus menarik diklik (mengandung power word).
  • Jika Anda mengikuti panduan rank math, maka judul wajib memiliki angka (Ini hanya bersifat opsional saja, apabila judul memang tidak membutuhkan angka ya tidak usah saja).

3. Membuat Artikel SEO Friendly

Setelah judul sudah terbuat, saatnya Anda membuat artikel. Yang utama, tentu Anda wajib membuat artikel yang berkualitas dan wajib memenuhi kriteria berikut ini ;

  • Artikel mengandung kata kunci dalam jumlah yang wajar.
  • Tambahkan juga long tail keywords atau LSI keywords guna menghindari overdosis keywords density.
  • Jumlah kata yang disarankan minimal 300-500 kata bergantung jenis artikel yang akan Anda buat.
  • Tambahkan heading dan subheading, pastikan mengandung kata kunci tertarget.
  • Tambahkan internal link yang relevan, semakin banyak semakin bagus.
  • Tambahkan gambar yang sudah dioptimasi.
  • Setting URL dan meta description.
  • Penambahan rich snippet yang juga bertujuan agar pengguna tertarik mengklik konten yang Anda buat.

Setelah semua sudah oke, silakan dipublikasikan. Jangan lupa minta pengindeksan di google search console supaya artikel Anda bisa cepat tampil di search engine.

4. Share di Sosial Media

Memang, dengan membagikan artikel di sosial media tidak serta merta secara langsung bisa menaikkan konten Anda di google. Tetapi, jumlah share sosial media bisa menjadi tolak ukur kepuasan pembaca terhadap artikel yang Anda buat.

Membagikan Konten Website ke Social Media

Jika mereka membagikannya, menunjukkan mereka sangat puas. Sementara itu, jika tidak berarti mereka tidak puas. Maka dari itu, alangkah lebih jikalau pada halaman website Anda terdapat tombol sosial share (facebook, twitter, whatsapp), dll.

5. Tingkatkan Kecepatan Website

On page SEO bukan hanya dari artikel saja, tetapi juga dari kecepatan halaman website. Maka dari itu, jika website Anda masih lambat sebaiknya dioptimasi agar semakin cepat.

Sebab halaman website yang lambat itu tidak ramah terhadap pengguna. Kalau user tidak puas, maka google pun juga tidak puas.

6. Selalu Update Artikel Secara Berkala.

Jangan pernah puas dengan artikel yang sudah Anda buat. Artikel itu sebaiknya dioptimasi sehingga kualitasnya menjadi semakin baik. Dengan sering mengupdate artikel, membuat google beranggapan website kita selalu aktif dan otomatis selalu dicrawl.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai on page seo pada sebuah situs beserta penerapannya yang benar. Selanjutnya, kami akan membahas jenis lain dari SEO yakni off page SEO.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram