Grow and Bless Digital Marketing
Juli 9, 2021
/

Mengenal Manfaat Secure Socket Layer (SSL) dan Jenisnya

Oleh: 
Ardian Susanto

SSL adalah salah satu komponen yang sangat penting yang wajib dimiliki oleh sebuah website. Dengan menggunakan SSL, maka proses transfer data di dalam website akan menjadi lebih aman dan terenkripsi. Kehadirannya yang sangat penting ini terbukti ketika Google Chrome melabeli sebuah website yang tak menggunakan sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Mungkin Anda bertanya-tanya terkait SSL ini. Mulai dari apa itu SSL, pentingnya SSL untuk sebuah website, cara kerja SSL, dan perbedaan SSL dengan TLS. Semua kebingungan tersebut akan Anda pahami pada artikel ini.

Apa itu SSL dan TLS?

Sertifikat SSL ataupun yang biasa dikenal dengan SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. SSL juga merupakan sebuah sistem keamanan pada website yang apabila ditambahkan di website Anda, maka URL website yang Anda miliki akan berubah menjadi HTTPS.

secure socket layer or ssl

Pemasangan SSL pada sebuah website memiliki tujuan sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Lalu, apa perbedaan SSL dan TLS yang sudah disinggung pada awal artikel ini. Sebenarnya saat ini SSL sudah tidak digunakan lagi dan diganti dengan TLS.

Walaupun begitu, banyak orang yang sudah sangat kenal dan familiar dengan istilah SSL. Maka dari itu perusahaan tetap menggunakan istilah yang sudah familiar tersebut. Padahal pada dasaranya saat ini fitur yang ada dan disediakan merupakan TLS.

Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, yaitu mengamankan transfer data di dalam website. Namun, teknologi TLS lebih maju dan lebih baik karena sudah diupgrade sari berbagai sisi keamanannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan nama tersebut.

Pentingnya Gunakan SSL / TLS

Secara garis besarnya, SSL ini diperlukan untuk mengamankan website yang Anda miliki dari ancaman keamanan yang ada. Namun, ada alasan lain yang perlu Anda ketahui tentang pentingnya SSL atau TLS ini digunakan pada sebuah website. Untuk mengetahuinya, berikut alasan-alasan yang wajib dipahami dan diketahui.

1. Menghindari Pencurian Data

SSL / TLS juga dapat melindungi website yang Anda miliki dari ancaman tercurinya data. Caranya adalah dengan mengenkripsi atau pengacakan data sensitif yang ada. Dengan hal tersebut, sembarang orang tidak akan bisa membaca data website yang Anda miliki dan juga kirimkan.

2. Menghindari Salah Kirim Data

SSL atau TLS juga memiliki fitur untuk otentifikasi (authentication). Yang artinya adalah, SSL atau TLS ini dapat memastikan Anda mengirimkan sebuah data atau informasi menuju server yang sesuai dengan tujuan. Bukan malah mengirimkan data dan informasi ke hacker ataupun pihak lain yang tak bertanggung jawab.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Ketika website Anda sudah menggunakan SSL atau TLS, maka browser akan menunjukkan notifikasi tertentu saat website tersebut diakses. Untuk browser Internet Explorer, biasanya akan muncul notifikasi berbentuk block warna hijau pada address bar nya. Dan untuk browser firefox atau Google Chrome, akan muncul notifikasi berbentuk ikon gembok yang menunjukkan website tersebut aman.

Notifikasi ini bermanfaat untuk meningkatkan reputasi dan juga kepercayaan pengunjung pada website Anda. Dengan adanya notifikasi ini, maka pengunjung website pun tidak akan ragu untuk menjelajahi website yang Anda miliki. Terlebih apabila website yang Anda miliki adalah website toko online, maka calom pembeli juga tidak akan rau untuk berbelanja di website Anda tersebut.

4. Meningkatkan Ranking Website di Search Engine

Algoritma Google sendiri setiap waktu mengalami perubahan, namun yang wajib Anda ketahui adalah Google sangan menyukai website yang memiliki sertifikat SSL atau TLS. Bukan hanya sekadar menyukai saja, Google bahkan “melarang” pengguna untuk mengunjungi sebuah website yang tidak disertai dengan sertifikat SSL atau TLS.

Maka tak heran apabila SSL atau TLS ini juga berhubungan langsung dengan ranking sebuah website yang terdapat di mesin pencari. Sebuah riset juga membuktikan bahwa website yang memiliki sertifikat SSL atau TLS ini memiliki kedudukan yang kuat dan juga tinggi di mesin pencari.

Cara Kerja SSL atau TLS

Setelah memahami secara garis besar tentang SSL dan alasan kenapa wajib menggunakannya, kini Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja SSL atau TLS ini. Sertifikat SSL akan membantu Anda untuk mengamankan komunikasi antara dua komputer yang saling terhubung oleh jaringan internet.

Pertukaran data seperti mengunjungi website, pengiriman dan juga penerimaan email, membeli produk online, hingga data perusahaan akan dienkripsi agar tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggunakan data-data tersebut dengan illegal.

Sertifikat SSL ini memiliki dua kombinasi, yaitu public key dan juga private key. Public key ini berfungsi untuk mengenkripsi data yang akan dikirim, sedangkan private key berfungsi untuk mendekripsi data ke format yang bisa digunakan kembali oleh si penerima data.

safe browsing with ssl

Manfaat SSL atau TLS

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila website Anda menggunakan sertifikat SSL ini. Berikut beberapa manfaat dari SSL :

1. Meningkatkan Reputasi Website

Jika URL website yang Anda miliki masih menggunakan HTTP, maka Google akan secara otomatis menampilkan notifikasi Not Secure setiap kali ada pengunjung yang mengunjungi website Anda. Peringatan ini akan muncul ketika pengunjung mengisi data ataupun informasi sensitif sepeti akses login, form, serta data pribadi lainnya seperti nomor rekening.

Secara tidak langsung, Google memaksa pemilik website ini untuk segera mengamankan dan juga mengenkripsi data yang ada di dalam jaringan internet tersebut.

2. Mengamankan Transfer Data

Keuntungan selanjutnya ketika website Anda menggunakan SSL atau TLS ini adalah proses enkripsi yang dimiliki oleh SSL akan menjadikan data lebih aman lagi. Pertukaran data yang terjadi antara dua komputer pemilik website dan pengunjung akan dilindungi oleh public key dan juga private key. Terlebih, notifikasi ikon gembok dan HTTPS akan membantu visitor yang awam untuk tenang ketika mengakses website yang Anda miliki.

3. Meningkatkan SEO

Dengan website Anda menggunakan SSL, maka akan memiliki pengaruh positif terhadap kualitas SEO website Anda. Pada 2014 silam, Google mulai menerapkan algoritma yang mengutamakan website yang sudah bersertifikat SSL dibandingkan yang tanpa SSL.

Walaupun SSL ini hanya salah satu penunjang SEO yang direkomendasikan Google, namun tentu saja akan lebih baik apabila Anda mengaktifkan SSL Terlebih kini sudah banyak yang menyediakan SSL secara gratis.

Jenis-Jenis SSL atau TLS

Jenis SSL sendiri dibedakan berdasarkan kebutuhan keamanan masing-masing website. Berikut jenis-jenisnya :

Domain Validated SSL (DV SSL)

Jenis SSL ini direkomendasikan untuk Anda yang baru memulai bisnis dan membutuhkan keamanan dengan harga yang terjangkau. DV SSL ini akan menampilkan informasi bahwa website Anda adalah website aman dan juga sudah terenkripsi.

Organization Validated SSL (OV SSL)

SSL ini sebenarnya mirip dengan DV SSL, namun pemilik domain yang menggunakan SSL jenis ini perlu verifikasi dengan menunjukkan bukti kepemilikan domain. OV SSL ini biasanya digunakan pada sebuah website perusahaan agar tampak lebih aman dan juga terpercaya.

Extended Validated SSL (EV SSL)

EV SSL ini memiliki keamanan tingkat tinggi dan sangat direkomendasikan untuk bisnis online Anda, terutama bagi website e-commerce. Ciri website yang menggunakan SSL ini adalah tertulisnya nama bisnis Anda dengan warna hijau pada bagian URL bar di dekat nama domain.

Dan itu dia pengertian SSL, manfaat, dan juga jenis SSL yang wajib Anda ketahui untuk mengamankan sebuah website. Semoga bermanfaat

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch-review-growandbless
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
privacy policy
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram