Grow and Bless Digital Marketing
Agustus 11, 2021
/

Mengenal Off Page SEO dan Teknik Optimasinya

Oleh: 
Ardian Susanto

Jika sebelumnya kami sudah membahas mengenai teknik SEO On Page, maka kali ini yang akan dibahas adalah off page SEO. Optimasi ini sering kali diabaikan, padahal mempunyai peranan yang begitu penting.

Sama halnya seperti SEO On Page, SEO off page juga membutuhkan strategi yang tepat dalam penerapannya. Mari pelajari mengenai pengertian dan penerapan SEO off page pada konten berikut ini.

Off Page SEO

Pengertian Off Page SEO

SEO off page merupakan salah satu jenis optimasi Search Engine Optimization yang dilakukan dari luar website. Jadi optimasi dilakukan dari luar dengan memberikan pengaruh ke website utama.

Banyak yang mengatakan bahwa SEO off page itu adalah backlink. Ya memang tidak sepenuhnya salah, tetapi sebenarnya teknik optimasi SEO ini bukanlah sekedar backlink belaka melainkan ada banyak hal lainnya yang bisa Anda lakukan.

Jika optimasi dalam sudah dilakukan secara maksimal, maka optimasi dari luar berupa off page SEO juga harus dilakukan secara maksimal.

Manfaat Off Page SEO

Dengan melakukan optimasi Off Page SEO, ada banyak benefit yang bisa Anda peroleh terhadap webiste yaitu :

1. Meningkatkan Ranking di Pencarian Google

Off page SEO dapat meningkatkan rangking situs Anda meskipun tidak bisa terlihat hasilnya secara instan. Apalagi jika didukung dengan teknik on page SEO yang oke, dijamin website Anda bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

2. Meningkatkan Traffic Website

Kalau situs sudah berhasil menduduki peringkat atas di search engine, maka terbuka peluang terjadi peningkatan traffic. Karena ketika pengunjung melakukan browsing, mereka akan mengklik web yang berada di posisi 1-5.

Bahkan sumber traffic bukan hanya dari google saja, tetapi juga dari situs lain yang memberikan rujukan ke situs Anda. Intinya pasti terjadi peningkatan trafik dan visitor baik dalam waktu cepat maupun lama.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Website yang memiliki reputasi yang bagus, sangat istimewa di mata google. Salah satu cara untuk meningkatkan reputasi situs adalah dengan menerapkan off page SEO.

Lain halnya jika situs Anda kurang populer atau tidak memiliki reputasi yang baik, maka google pun tidak akan meliriknya. Alhasil, web Anda sulit menembus peringkat 1 di mesin pencari.

4. Branding

Optimasi off page SEO juga bisa membantu membangun brand image website Anda. Kalau branding sudah bagus, maka kredibitas web pun juga bakalan meningkat.

Dan pada akhirnya google suka dengan hal tersebut sehingga bisa dengan mudah mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencarian google.

Ingin meningkatkan rangking website anda di Google? Hubungi Grow&Bless Saja untuk jasa SEO di Indonesia.

Teknik Off Page SEO

Dalam Off Page SEO, Anda bisa menerapkan beberapa teknik yang terbukti cukup efektif untuk meningkatkan ranking website. Apa sajakah itu?

1. Backlink

Backlink adalah teknik paling utama dan wajib dilakukan ketika Anda melakukan optimasi SEO Off Page. Bagi Anda yang belum tau, backlink atau pranala balik merupakan tautan dari website lain yang mengarah ke website kita, Seperti ini ilustrasi :

Website A berisi artikel yang didalamnya terdapat teks yang diberi link website B, maka dalam kasus ini website B mendapatkan backlink dari website A. Sementara itu, website A memasang eksternal link (link keluar) menuju website B.

Backlink tidak hanya berasal dari postingan saja, bisa dimana saja asalkan terdapat link hidup. Baik itu di header, sidebar, footer, komentar ataupun yang lainnya. Backlink sendiri terdiri atas beberapa jenis yaitu :

Backlink Kontekstual

Backlink kontekstual atau contextual backlink adalah pranala balik yang terpasang di postingan atau artikel. Kurang lebih penerapannya sesuai ilustrasi yang sudah disampaikan di atas. Backlink kontekstual merupakan salah satu backlink berkualitas atau powerfull sehingga Anda wajib mendapatkannya.

Untuk bisa mendapatkan backlink kontekstual, Anda bisa meminta izin untuk melakukan guest post. Apa itu guest post? Jadi pada intinya guest post itu, Anda menulis di situs orang lain dengan memasang link yang mengarah ke situs Anda.

Backlink Komentar

Backlink komentar atau comment backlink sesuai dengan namanya merupakan backlink yang terdapat di komentar. Ketika Anda berkomentar di web orang lain dan menanamkan link hidup di kolom komentar tersebut, maka Anda telah memasang backlink.

Namun di zaman sekarang, tidak mudah untuk memasang backlink komentar. Pasalnya rata-rata pemilik website saat ini memasang moderasi komentar dan rata-rata tidak ingin ada link terpasang di kolom komentar situs mereka.

Backlink komentar juga dijadikan ladang spamming bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka dengan sengaja memberikan komentar dalam jumlah banyak dan

Selain itu, teknik pranala balik yang satu ini juga dianggap tidak terlalu bagus dan tidak memberikan power terlalu besar sehingga pada akhirnya ditinggalkan. Bagaimana dengan Anda? Apakah masih menerapkannya? Beri pendapat di kolom komentar ya.

Link Profile Backlink

Backlink yang satu ini ditempatkan pada bagian profil (penulis) dan biasanya mengarah ke homepage. Misal, Anda ingin menambah penulis lain untuk web Anda dan ketika mengisi bio biasanya suruh mengisi link website. Nah disitulah link profile backlink terpasang.

Anda bisa dengan mudah memasang backlink profile di website-website komunitas. Atau bisa juga dipasang di media-media online seperti klikmania, hipwee, brilio, dan lain sebagainya. Optimasi backlink yang satu ini sangat bagus untuk membranding sebuah situs.

Bagaimana dengan kualitas backlink jenis ini? Berdasarkan pengalaman pribadi, backlink profile ini kualitasnya cukup bagus meskipun tidak sebagus backlink kontekstual. Bahkan dengan memasang backlink ini manfaatnya bukan sekedar mendapatkan backlink berkualitas, melainkan bisa meningkatkan branding situs kita.

Social Bookmark Backlink

Social bookmark backlink adalah backlink yang terpasang di website yang banyak memasang link website. Contoh social bookmark antara lain yaitu reddit, dig, direktori indonesia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perlu untuk diketahui, teknik backlink yang satu ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika Anda salah dalam menerapkannya, maka bisa saja web Anda yang dianggap spamming oleh google.

Tentu bukan sesuatu yang bagus jika website Anda sudah dianggap spam oleh google. Bukan hanya kesulitan menembus peringkat atas, tetapi juga artikel-artikel yang sudah berada di atas bisa terlempar bahkan tidak terindeks lagi. Lakukan optimasi backlink ini secara natural.

Blogrool Backlink

Blogrool backlink adalah backlink yang biasanya dipasang di sidebar blog atau website berupa daftar link. Optimasi backlink yang satu ini kini sudah mulai ditinggalkan tidak seperti dahulu.

Alasan yang paling utama backlink blogrool dinilai sudah tidak powerfull lagi, dan alasan yang kedua adalah banyak pemilik web yang malas memasang link di bagian sidebar. Mereka lebih memilih memasang widget recent post, popular post, atau pos terkait pada bagian tersebut.

Document Sharing Backlink

Backlink yang satu ini terpasang pada sebuah dokumen. Baik itu word, pdf, powerpoint, excel, maupun tipe dokumen yang lainnya. Cara mendapatkan backlink ini sangatlah mudah.

Pertama silakan buat artikel terlebih dahulu di microsoft word dan jangan lupa pasang link yang mengarah ke situs Anda. Selanjutnya upload artikel itu di website khusus sharing document seperti academia.

Social Media Backlink

Sesuai dengan namanya, backlink ini tertanam di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, maupun yang lainnya. Backlink ini bukan hanya bisa dipasang pada bagian wall saja tetapi juga pada bagian profile.

Namun umumnya backlink seperti ini sifatnya nofollow sehingga kurang begitu powerfull. Akan tetapi apabila Anda ingin memasangnya bukan masalah besar.

Image Sharing Backlink

Cara kerja image sharing backlink kurang lebih sama dengan document sharing backlink. Bedanya, jika document sharing backlink berupa dokumen maka image sharing backlink itu berupa foto atau gambar.

Caranya yaitu, upload saja gambar dan dibagian bawah gambar jangan lupa pasang link yang mengarah ke website Anda.

Footer Backlink

Sama halnya seperti blogrool backlink yang terpasang di sidebar web, footer backlink dinilai tidak begitu powerfull sehingga sudah mulai ditinggalkan. Namun teknik backlink yang satu ini masih terus dilakukan oleh pembuat theme atau tema.

Kalau template yang Anda pakai adalah template gratis, biasanya terdapat link yang mengarah ke situs pembuat template tersebut. Berarti web pembuat template mendapatkan backlink dari web Anda. Bagaimana, bisa dipahami kan?

Bagaimana Ciri Backlink Berkualitas Itu?

Jawaban untuk pertanyaan ini, sangat mudah. Sebuah backlink dinilai berkualitas apabila Anda memperolehnya secara natural (diberikan oleh website lain) tanpa Anda minta.

Misalnya seperti ini, ada orang lain yang tertarik mempromosikan situs Anda karena dianggap menarik kemudian ia membuat artikel yang berisi tentang keunggulan website Anda dan tidak lupa memberikan link. Itulah yang disebut sebagai backlink berkualitas.

Jika begitu, apakah kita tidak boleh mencari atau meminta backlink?

Sebenarnya boleh-boleh saja kalau Anda ingin mencari backlink. Dengan catatan, jangan langsung melakukannya secara spamming. Selain itu, website yang menjadi rujukan wajib memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  • Memiliki reputasi yang bagus.
  • Website harus aktif.
  • Punya traffic, semakin banyak tentu semakin bagus.
  • Web berisi konten yang relevan dengan situs Anda. Jika Anda memiliki web kesehatan, carilah backlink di web kesehatan juga.
  • Selain relevan isinya, sebaiknya relevan juga bahasanya. Jadi, kalau Anda memiliki web berbahasa Indonesia sebaiknya pasang backlink di web berbahasa Indonesia juga.
  • Backlink tidak berasal dari web konten negatif.
  • Memiliki domain authority dan page authority yang tinggi. Memang keduanya bukanlah penilaian dari google, tapi setidaknya nilai DA PA tinggi menunjukkan site atau situ memiliki reputasi yang bagus.
  • Jenis backlink kontekstual adalah yang paling bagus dibandingkan dengan jenis backlink yang lainnya.
  • Mencari backlink sebaiknya dilakukan ketika web sudah berusia setidaknya tiga atau empat bulan. Walaupun sebenarnya tidak masalah web baru mencari backlink, tapi alangkah lebih baik jika menunggu tiga atau empat bulan.
  • Dan terakhir, pastikan backlink itu terindeks google. Karena percuma saja sudah dapat backlink tapi tidak terindeks google.

2. Link Building

Link building pada dasarnya adalah pengembangan dari sebuah backlink sebagai hal utama dalam optimasi seo off page. Sumber link building tidak hanya berasal dari satu situs saja, tetapi berasal dari banyak website.

Tapi apakah semakin banyak itu semakin bagus? Jawabannya belum tentu. Sebab, google selalu mengutamakan kualitas di atas kuantitas.

Percuma saja mendapatkan 1000 backlink tapi berasal dari situs tidak berkualitas. Lebih baik backlink yang jumlahnya hanya 30 tapi berasal dari situs berkualitas.

Link building sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu :

Link Building Natural

Artinya, link building tidak Anda buat tetapi Anda mendapatkannya langsung tanpa diminta. Namun bukan hal yang mudah untuk bisa memperoleh hal ini secara natural

Tapi, yang bisa Anda lakukan adalah buat website Anda sebagus mungkin sehingga orang lain secara ikhlas memasukkan link dari konten Anda sebagai sumber informasi terpercaya.

Link Building Outreach

Untuk bisa mendapatkannya, maka Anda wajib menghubungi beberapa pemilik website agar memberikan link menuju situs Anda. Dapat dikatakan, link building ini yang paling mudah dilakukan.

Anda bisa meminta jadi penulis di website orang tersebut dan meminta izin memasang link pada artikel, bisa juga dengan menjadi sponsor sehingga mereka bersedia menanam link ke web Anda. Biasanya kalau sudah ada uang, semuanya jadi lancar.

Link building ini juga ada kekurangannya, yaitu belum tentu semua yang Anda minta bersedia memberikan backlink ke website Anda. Jadinya, sangat penting membangun komunikasi yang baik sehingga mereka tidak keberatan saat Anda meminta backlink kepada mereka.

Link Building Sesat

Jangan pernah lakukan teknik off page SEO yang satu ini. Pasalnya, jika sampai ketahuan google membuat web Anda bisa terkena penalti sehingga tidak muncul lagi di pencarian google.

Link building ini bertujuan untuk menipu google. Jadi, sebaiknya Anda tidak melakukannya.

Lalu, bagaimana maksud dari link building sesat itu? Link building dikatakan sesat jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini :

Spam comment + memasang link dalam jumlah yang tidak wajar.

Spam di forum online dengan sengaja membuat thread yang berisi banyak backlink ke situs sendiri.

Dan segala spamming lainya termasuk ke dalam link building sesat yang tidak disukai oleh google.

3. Membagikan ke Sosial Media

Salah satu optimasi off page SEO yang sebenarnya sangat mudah dilakukan adalah dengan membagikan link website atau artikel di sosial media. Tentu saja, Anda tidak boleh melakukan secara spamming supaya terlihat lebih natural.

Dengan membagikan konten di social media, Anda jadi tau bagaimana respon pembaca terhadap tulisan Anda. Bisa jadi mereka merasa puas ataupun kecewa dengan tulisan Anda.

Off Page SEO

Bahkan berawal dari sini, Anda bisa mendapatkan backlink natural bahkan tanpa Anda minta sekalipun. Dengan catatan, konten Anda benar-benar bagus.

Atau paling tidak, artikel Anda akan dibagikan oleh pengguna sosial media yang lain sehingga traffic pun akan bertambah meskipun itu sedikit.

4. Google Bisnis

Tak banyak yang tau, bahwa google bisnis bisa Anda manfaatkan untuk optimasi SEO off page terutama dalam mencari backlink berkualitas. Di sana, Anda bisa memasang link website secara gratis tanpa harus membayar.

5. Bekerja Sama dengan Media Online

Kalau Anda kesulitan mendapatkan backlink secara natural, maka jemput bola adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Untuk meningkatkan reputasi website, Anda bisa bekerja sama dengan media online.

Ketika Anda baru saja melakukan suatu pencapaian, kerja sama, atau mengadakan event, kamu bisa membuat press release untuk dibagikan ke media-media online dan membuat backlink ke websitemu.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian off page SEO dan penerapannya pada website Anda. Baik optimasi SEO On Page maupun off page SEO keduanya wajib dijalankan dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika Anda membutuhkan jasa SEO untuk optimasi website Anda dan ingin mendapatkan backlink dari media nasional Indonesia, jangan ragu untuk menghubungi Grow&Bless Digital Marketing.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch-review-growandbless
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
privacy policy
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram