Grow and Bless Digital Marketing
Agustus 14, 2021
/

12 Cara Meningkatkan SEO Website Agar Semakin Meroket

Oleh: 
Ardian Susanto

Jika Anda memiliki website, sangat penting melakukan optimasi SEO atau Search Engine Optimization sebagai upaya meningkatkan popularitas website. Sebab, berbekal SEO ada banyak benefit yang bisa didapatkan mulai dari peningkatan ranking di mesin pencari hingga penambahan traffic.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa optimasi Search Engine Optimization terdiri dari dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya wajib berjalan beriringan supaya web bisa berkembang dengan cepat.

baca juga: Apa itu SEO: pengertian, indikator dan jenis-jenisnya

Bagaimana Cara Meningkatkan SEO Website?

Ada berbagai teknik SEO penting baik on page maupun off page yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan peringkat dan traffic website. Apa sajakah itu?

1. Tambahkan Website ke Google Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan sebuah tools gratis dari google yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik web untuk monitoring kinerja website. Bukan hanya itu saja, google search console juga bisa membantu mempercepat proses pengindeksan.

Semua berawal dari indexing sebelum akhirnya rangking. Coba saja jika web tidak terindeks google, mana mungkin bisa mendapatkan halaman pertama hasil pencarian.

Web yang tidak dianggap oleh googlebot sangat sulit mendapatkan peringkat terbaik di search engine.

Cara Meningkatkan SEO Website

Mari dari itu, tambahkan situs Anda ke GSC. Ya paling tidak supaya web mudah terindeks terlebih dahulu, untuk urusan peringkat Anda bisa melakukan teknik optimasi SEO lainnya yang juga akan dijelaskan pada konten berikut ini.

Bagaimanakah cara menambahkan situs di google search console?

  • Pertama, sebaiknya website Anda sudah siap terlebih dahulu dan sudah ada beberapa artikel.
  • Kedua, silakan login ke akun google Anda.
  • Masuk ke google search console >>> add property >>> tambahkan website.
  • Masukkan URL situs Anda dengan menambahkan http atau https didepannya (contoh : https://growandbless.com).
  • Selanjutnya lakukan verifikasi (silakan pilih yang menurut Anda paling mudah).

Tunggu selama beberapa pekan sampai situs Anda benar-benar terindeks. Apa tandanya?

Ketika mengetik di google dengan kata kunci site:namadomainanda.com maka seluruh halaman dan artikel muncul di sana.  Sementara itu, jiku muncul tulisan 'hasil pencarian tidak cocok dengan dokumen apapun menandakan web masih belum terindex.

2. Mengaitkan Website dengan Google Analytics

Selain GSC, ada tools gratis lainnya dari google yang bisa Anda gunakan untuk memantau kinerja web yaitu google Analytics. Berbekal tools ini kita bisa memantau secara langsung jumlah visitor, page view, bahkan pengguna aktif pun bisa terbaca.

Anda menjadi tau halaman atau artikel mana saja yang banyak pengunjungnya dan mana yang sedikit pengunjungnya. Selain itu bisa tau juga apakah pembaca puas atau tidak dengan artikel yang sudah dibuat.

Hal-hal seperti itu bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemilik web untuk menjadikan website lebih baik lagi. Salah satu perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan lebih mengoptimalkan SEO on page maupun SEO off page.

Bagaimanakah cara mengaitkan website dengan google analytics? Sangat mudah, mari ikuti panduan berikut ini :

  • Pertama, login ke akun google terlebih dahulu.
  • Selanjutnya silakan buka situs https://analytics.google.com
  • Berikutnya, masukkan nama akun beserta URL lengkap situs Anda.
  • Pilih kategori dan zona waktu (untuk web Indonesia, pilih saja zona waktu Jakarta).
  • Jika semuanya sudah terisi, setujui term and service supaya Anda mendapatkan tracking ID. (Ingat, kode tracking ini bersifat rahasia sehingga jangan dibagikan kepada siapapun).
  • Terakhir masukkan kode tracking (kode pelacakan) pada HTML situs Anda tepat di bawah kode head.

Tunggu maksimal 1x24 jam, maka seluruh visitor yang datang akan termonitor langsung oleh google analytics.

google analytics

3. Riset Keyword dan Targetkan Long Tail Keyword

Riset kata kunci merupakan tahapan penting yang harus dilakukan sebelum membuat artikel SEO. Dengan riset keyword membuat Anda bisa menemukan judul artikel yang tepat dan menyesuaikan dengan tingkat persaingan. Ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk riset keyword seperti ahrefs, moz, ubbursuggest, keywordtool.io, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, dalam melakukan riset kata kunci sangat disarankan menargetkan long tail keyword atau kata kunci panjang (lebih dari 3 kata). Contohnya seperti :

  • Cara membuat blog dengan blogger,
  • Cara membuat blog dengan tumblr.
  • Cara membut blog dengan wordpress,
  • Cara membuat nasi goreng di magic com,
  • Cara memasak mie di magic com,
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengapa long tail yang dipilih?

Alasan utama ialah long tail keyword biasanya memiliki tingkat persaingan yang tidak begitu ketat. Tentu dengan didukung pembuatan artikel SEO friendly yang berkualitas, maka artikel bisa tembus page one dengan lebih mudah.

Kekurangan dari long tail keyword adalah jumlah volume pencarian yang tidak terlalu banyak. Tapi bukan masalah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Diawal-awal targetkan long tail dulu biar semakin banyak artikel yang page one. Setelah website berjalan beberapa bulan dan sudah memiliki authority cukup tinggi, barulah menargetkan short keyword dengan tingkat persaingan yang agak tinggi.

4. Buat Konten Berkualitas

Kalau mau ada peningkatan SEO web, maka membuat konten berkualitas adalah kewajiban yang harus dilakukan. Indikator konten dianggap berkualitas jika :

Lengkap dan menjawab pertanyaan pembaca.

Dapat mengatasi masalah.

Membuat pengunjung melakukan tindakan (misal : memberikan komentar).

Buat konten yang lengkap dan menarik. Bila perlu tambahkan konten visual seperti gambar, infografis, atau video, konten visual tersebut bisa menambah daya tarik sehingga user betah lama-lama berada di website Anda. Jika mereka puas, tak menutup kemungkinan konten Anda dibagikan ke berbagai sosial  media.

Jangan lupa, pembuatan konten atau artikel juga harus mengikuti kaidah penulisan SEO friendly. Namun tidak melupakan sisi human friendlynya, keduanya baik SEO friendly maupun human friendly harus seimbang.

5. Optimasi Gambar

Banyak yang tidak memperdulikan soal gambar, padahal jika dioptimasi dengan baik gambar bisa menjadi salah satu cara meningkatkan SEO website terbaik. Bahkan gambar juga dicrawling google dalam proses pengindeksan.

Apa artinya?

Artinya adalah google bukan hanya melihat tulisan saja dalam memutuskan perangkingan di mesin pencari, tetapi juga melihat gambar yang ada pada website tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi gambar sehingga lebih ramah kepada mesin pencari :

  • Gambar memiliki resolusi yang tidak terlalu besar.
  • Gambar memiliki ukuran kurang dari 80 kb (jika terlalu besar, Anda bisa mengompresnya di tinypng).
  • Gunakan format gambar jpg atau png
  • Jangan lupa tambahkan alt txt saat gambar sudah diupload. Tanpa adanya alt txt, membuat gambar tidak akan dirayapi oleh google.
Cara Meningkatkan SEO Website

Sekarang pertanyaannya berapakah jumlah gambar yang ideal dalam satu artikel?

Jawabannya adalah tergantung dengan jenis konten yang Anda buat dan berapa jumlah karakternya. Sebagai contoh, artikel tutorial membutuhkan banyak gambar karena setiap langkah wajib ada gambar supaya pengunjung lebih memudah memahami dan mempraktikkannya.

Pertimbangan kedua adalah dilihat dari jumlah kata. Artikel yang berjumlah di atas 1000 kata tidak mungkin hanya satu gambar saja, membuat konten menjadi tidak ada sisi menariknya. Paling tidak untuk 1000 kata, ada 2-3 gambar.

Kecuali jika Anda membuat konten 300 kata saja, maka 1 atau 2 gambar saja sudah lebih dari cukup.

6. Manfaatkan Plugin SEO

Anda pengguna wordpress.org? Sangat disayangkan jika belum menggunakan plugin SEO seperti yoast SEO atau Rank Math untuk meningkatkan Search Engine Optimization situs. Bahkan plugin SEO saat ini sudah terintegrasi langsung dengan google search console dan google analytics.

Jadi, melihat perkembangan posisi keyword, jumlah visitor, jumlah view, bounce rate, dan lain sebagainya bisa langsung melihatnya di plugin SEO. Tanpa harus membuka google search console dan google analytics.

Plugin SEO seperti rank math dan yoast SEO terdiri atas dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi berbayar sudah pasti memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.

Akan tetapi, versi gratis pun sebenarnya sudah oke untuk kebutuhan optimasi SEO situs web.

7. Manfaatkan Internal Link

Cara kerja fitur ini memang hanya menambahkan link ke artikel lain, namun efeknya sangat luar biasanya terhadap SEO situs Anda. Setidaknya ada dua manfaatkan yang bisa Anda dapatkan menggunakan internal link di dalam artikel.

Manfaat pertama yaitu lebih mengoptimalkan search engine optimization on page sehingga lebih memperbesar peluang web masuk ke no 1 mesin pencari. Dan manfaat kedua adalah menurunkan bounce rate karena user melakukan tindakan lainnya dengan mengklik link tersebut tidak langsung menutup artikel.

Tapi Anda harus tau, internal tidak serta merta bisa meningkatkan SEO dan menurunkan bounce rate pada situs Anda. Semua tergantung kepada Anda yang memanfaatkan fitur ini.

Oke, bagi yang belum tau kami akan sedikit menjelaskan bagaimana optimasi internal link yang bagus.

Pertama link harus mengarah ke artikel lain dengan tema yang relevan, misalnya dari artikel mengenai 'SEO' ke artikel mengenai 'backkink'. Kalau dari 'SEO' ke 'ginjal' itu sudah tidak nyambung dan tidak relevan. Relevansi inilah yang membuat pengunjung jadi membaca artikel lain pada situs Anda.

Yang kedua adalah link terpasang di anchor teks dengan warna yang berbeda. Tujuannya supaya pembaca lebih tertarik mengklik anchor teks tersebut.

Berapa jumlah internal link yang ideal dalam satu artikel?

Sebenarnya tidak ada patokan soal ini. Akan tetapi, semakin banyak semakin bagus dan tentu saja wajib relevan antara satu artikel dengan artikel yang lainnya.

8. Periksa Link

Cara meningkatkan SEO website selanjutnya adalah dengan memeriksa link. Apa maksudnya?

Jadi, Anda wajib memeriksa seluruh link yang tertancap pada web Anda. Baik inter link, link postingan, link laman, maupun link yang mengarah ke luar website.

Pastikan link tersebut aktif dan bisa diakses sehingga tidak menimbulkan error 404. Bila link mati, maka pengunjung bisa saja kecewa sehingga tidak betah berlama-lama mengunjungi website Anda.

Tidak perlu mengecek satu per satu artikel di website untuk memeriksa apakah ada tautan yang mati atau kadaluwarsa. Anda bisa menggunakan tools pihak ketiga seperti broken link checker untuk mengecek apakah Ada link broken pada situs web Anda.

Nah jika ada bagaimana cara memperbaikinya?

Redirect atau alihkan ke halaman lain yang masih hidup dan URL yang lama silakan diubah terlebih dahulu. Atau jika tautan tersebut dirasa sudah tidak perlu dipasang lagi, maka sebaiknya hapus saja daripada semakin menurunkan kualitas situs web Anda.

9. Optimalkan Meta Tags

Ketika mengcrawl sebuah web, salah satu yang dirayapi adalah meta tags. Meta ini terdiri atas title tag dan meta description.

Yang dimaksud title tag ini adalah judul artikel yang muncul di pencarian google. Jangan membuat judul yang terlalu panjang karena google kurang suka dengan hal tersebut, judul yang ideal dan SEO friendly adalah judul yang menarik dengan jumlah karakter antara 40-60 saja.

Sementara itu, meta description atau meta deskripsi adalah teks singkat yang berisi ringkasan konten Anda di hasil pencarian. Jumlah ideal adalah 140-160 karakter dan sebaiknya mengandung kata kunci yang ditargetkan.

10. Update Konten Lama Anda

Update artikel lama Anda meskipun hanya sekadar menambahkan internal link. Semakin bagus lagi jika Anda memperbaiki kualitas artikel yang dibuat sebelumnya.

Jangan hanya terus membuat artikel baru, tapi artikel lama dilupakan begitu saja. Padahal, jika dioptimalkan lagi bukan tidak mungkin artikel lama bisa membuat posisinya menjadi meningkat di mesin pencari.

Seperti apa konten lama yang seharusnya diupdate?

  • Pertama adalah konten yang minim trafik karena belum mendapatkan banyak visitor organik
  • Kedua adalah konten yang memiliki angka bounce rate tinggi.
  • Ketiga adalah jika konten dianggap sudah tidak relevan lagi. Misal tahun 2020 Anda membuat artikel 'Rekomendasi HP Terbaik 2020', maka untuk tahun ini seharusnya 'Rekomendasi HP Terbaik 2021'.

Silakan manfaatkan google search console dan google analitycs sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki konten yang dirasa masih kurang performanya.

11. Meningkatkan Kecepatan Website

Pada algoritma terbaru, kecepatan halaman website menjadi salah satu penilaian rangking di mesin pencari. Hal ini dibuktikan dengan adanya fitur audit pada google search console. Dari sana kita bisa mengetahui apakah web kita termasuk lambat atau cepat. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh Google melalui update page speed experience di tahun 2021.

Selain itu, mengecek kecepatan halaman website juga bisa memanfaatkan tools pihak ketiga. Beberapa yang populer digunakan yaitu pagespeed insight, gtmetrix, dan pingdom. Jika dalam pengecekan menunjukkan halaman website Anda memiliki waktu loading website di atas 5 detik, berarti itu termasuk lambat dan Anda wajib memperbaiknya.

Bagaimanakah cara meningkatkan kecepatan situs web?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan antara lain yaitu memilih hosting berkualitas, mengoptimalkan gambar dan video, memilih template fast loading, melakukan minify pada HTML, CSS, dan Javascript, manfaatkan plugin cache, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semakin cepat halaman website Anda maka semakin puas juga pengunjung Anda. Sebab survei membuktikan bahwa, jika user membuka web dan lebih dari 5 detik loading website belum terload maka ia akan menutup web tersebut dan beralih mencari situs web lainnya.

12. Backlink

Selain sisi SEO on page, cara membuat SEO website menjadi meningkatkan adalah dari sisi SEO off page. Kaitannya dengan hal itu, maka optimasi backlink adalah hal yang wajib dilakukan.

Memang backlink yang bagus adalah backlink yang tidak dibuat tetapi datang dengan sendirinya. Tapi, hal seperti ini belum tentu bisa didapatkan dalam waktu yang singkat.

Maka, Anda bisa jemput bola terlebih dahulu. Carilah backlink pada situs-situs berkualitas dengan authority yang tinggi. Salah satunya adalah dengan melakukan guest post sehingga Anda bisa memperoleh salah satu jenis backlink berkualitas yaitu kontekstual backlink.

Bagaimana tidak sulit bukan? Itulah dia berbagai cara meningkatkan SEO website untuk membuat traffic semakin meroket. Apabila Anda membutuhkan jasa SEO Digital Marketing Services Grow & Bless Indonesia (growandbless.com) siap membantu memperbaiki posisi web di search engine. Dan jangan lupa, pastikan web atau blog Anda sudah mobile friendly.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch-review-growandbless
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
privacy policy
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram