Grow and Bless Digital Marketing
Juli 25, 2021
/

Mengenal Pengertian SEO Friendly pada Website

Oleh: 
Ardian Susanto

Memiliki website SEO friendly sangatlah penting, baik jika Anda ingin menggunakan website tersebut untuk bisnis maupun untuk kebutuhan pribadi. Karena hal ini akan menentukan seberapa banyak dan berkualitas pengunjung situs tersebut.

Mengingat dalam dunia bisnis, banyak pengunjung saja bukanlah hasil promosi yang efektif. Sebab Anda perlu memastikan website bisnis tersebut bisa dikunjungi oleh calon pembeli yang potensional dan sesuai dengan pasar. 

SEO Friendly

Jika ada ribuan pengunjung website bisnis namun tidak ada satu pun yang melakukan order, tentu saja tidak bisa dibilang hasil promosi yang bagus. Sedangkan ratusan pengunjung yang seluruhnya melakukan order minimal 1 atau bahkan menjadi langganan, baru bisa dibilang sebagai metode marketing yang efektif.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas apa pentingnya memiliki website dengan SEO teroptimasi beserta bagaimana cara membuatnya.

Apa itu Konsep SEO Friendly?

Dikutip dari situs Reliable Soft, website SEO friendly adalah situs yang mudah dikenali oleh mesin pencari. Artinya setiap konten yang diunggah akan di-index dengan cepat dan memiliki kesempatan lebih besar untuk tampil di halaman pertama mesin pencarian Google.

Seperti yang Anda semua ketahui, ada ratusan ribu pemilik website di dunia. Beberapa di antaranya mungkin memiliki bisnis dan konten di bidang yang serupa dengan bisnis Anda.

Namun kenapa hanya ada beberapa website yang muncul di halaman pertama pencarian Google?

Hal tersebut dikarenakan tidak semua website bisnis miliki SEO yang teroptimasi. Sedangkan website-website yang berada di halaman pertama Google hampir bisa dipastikan search engine friendly karena sudah terbukti bisa berdiri di halaman pertama.

Meskipun begitu, website yang hanya sekali atau dua kali berada di peringkat tertinggi Google juga belum dikatakan sebagai search engine friendly. Karena seperti yang sudah dikatakan tadi, website dengan SEO yang teroptimasi dengan baik selalu memiliki kesempatan lebih besar untuk berada di halaman pertama mesin pencarian.

Artinya URL atau konten yang berada di halaman pertama bukan hanya satu. Namun belasan, puluhan, ratusan, atau bahkan seluruh konten yang ada di situs tersebut.

Dari situ, pastinya Anda sudah sadar betapa pentingnya melakukan optimasi SEO untuk website bisnis. Karena semakin baik tingkat SEO website Anda, maka semakin besar peluang menjadi page one di mesin pencarian. Artinya, semakin besar pula peluang website Anda dikunjungi oleh calon pembeli potensial.

Mengapa Optimasi SEO Friendly Bisa Mendatangkan Calon Pembeli Potensial?

Berbeda dengan promosi dengan memposting secara acak di media sosial atau dengan membuat papan reklame, mengoptimalkan efektifitas website bisnis bisa menjangkau calon pembeli potensial yang jauh lebih banyak.

Papan reklame memang bisa dilihat oleh semua orang, namun tidak semua orang tersebut ingin membeli produk Anda. Promosi di media sosial pun sama. Banyak orang yang bisa melihat, namun tidak semuanya ingin membeli atau bahkan tertarik pada produk tersebut.

Sedangkan dengan optimasi SEO, website Anda hanya akan dilihat oleh orang-orang yang sedang mencari produk yang dijual. Misalnya Anda menjual jam tangan, maka website hanya akan keluar ketika ada calon pembeli yang mencari "Jual jam tangan pria keren".

Artinya, pengunjung yang datang ke situs bisnis tersebut sudah pasti sedang mencari produk yang Anda sediakan. Jadi sudah jelas bagaimana perbedaan efektifitas antara promosi dengan media sosial dan konvensional.

SEO Friendly

Faktor yang Membuat Website Menjadi SEO Friendly

Berdasarkan situs WebFX, terdapat beberapa faktor utama yang membuat sebuah website bisa dikenali oleh mesin pencari dengan mudah. Di antaranya adalah:

1. Kualitas Konten

Kualitas konten tentunya menjadi faktor utama apakah website Anda SEO friendly atau tidak. Sebab mesin pencari ingin memberikan situs dengan konten berkualitas paling tinggi kepada para pengguna internet.

Tapi, seperti apa sih konten berkualitas itu?

Konten berkualitas pastinya adalah konten yang bisa menjawab pertanyaan yang dimiliki oleh pengunjung. Contohnya bila Anda membahas tentang produk tertentu, jelaskanlah produk tersebut secara mendalam mulai dari kegunaannya, cara merawatnya, dan lain-lain.

2. Memiliki Waktu Loading yang Cepat

Website dengan kecepatan loading yang tinggi juga memiliki peluang yang lebih besar untuk berada di halaman pertama website. Karena dibandingkan pastinya, Anda lebih memilih membaca artikel di website yang seluruh kontennya bisa langsung muncul dalam hitungan detik daripada yang harus menunggu hingga 1 menit.

Mesin pencarian seperti Google biasanya akan mengumpuilkan data tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh sebuah website untuk memuat seluruh isi kontenya.

Untuk mengetahui apakah website bisnis Anda punya waktu loading yang lambat atau tidak, silahkan periksa di situs Page Speed Insight yang sudah disediakan secara resmi oleh Google.

3. Kredibilitas Situs

Faktor yang mempengaruhi optimasi SEO selanjutnya adalah kredibilitas situs. Faktor yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin yang pertama, yaitu kualitas konten.

Dalam dunia SEO dan website, terdapat istilah bernama DA atau Domain Authority dan PA alias Page Authority. Semakin tinggi DA dan PA sebuah website, artinya website tersebut semakin dianggap kredibel oleh sebuah mesin pencari seperti Google.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan DA dan PA?

Cara paling organik untuk meningkatkan DA & PA adalah dengan membuat konten dengan kualitas setinggi mungkin. Konten berkualitas akan sering dikutip, dilansir, atau ditautkan ke situs milik orang lain. Hal tersebutlah yang bisa meningkatkan DA & PA paling cepat tanpa perlu memesan jasa backlink dan sebagainya.

4. Pemilihan Kata Kunci untuk Setiap Konten

Pemilihan kata kunci juga menjadi faktor yang penting dalam membuat website SEO Friendly. Sebab tanpa kata kunci yang tepat, maka website bisnis Anda tidak akan bisa menjangkau calon pembeli potensial atau bahkan tidak memiliki pengunjung sama sekali.

Pemilihan kata kunci potensial juga lumayan rumit. Biasanya, kata kunci yang ditarget untuk setiap konten terdiri dari 3 hingga 5 kata. Contohnya "Jam tangan keren di Bandung", "Jual mobil bekas murah", "Baju gamis preloved", "Jual makanan kura-kura Jakarta", "Tempat sewa piano di Bekasi" dan lain sebagainya.

Kata kunci yang diambil harus lebih deskriptif namun tidak terlalu panjang. Dan yang pasti, sesuaikan kata kunci tersebut dengan produk yang bisnis Anda jual.

5. Wajib User Friendly

Faktor yang terakhir dan paling penting untuk membuat website bisnis yang dikenali oleh mesin pencari adalah wajib mengutamakan user friendly alias kenyamanan pengunjung. Karena semakin hari, algoritma atau pikiran dari mesin pencari semakin menyerupai pikiran manusia asli.

Website yang berhasil membuat pengunjung puas akan ditaruh di paling atas, sedangkan website yang kurang berbobot, sulit untuk dinavigasikan, ataupun punya judul yang tidak sesuai dengan isi kontennya akan ditaruh di ranking yang lebih rendah.

Hal inilah alasan mengapa mengutamakan kenyamanan pengunjung ketika sedang belanja atau sekedar lihat-lihat website bisnis Anda sangat wajib. Jika pengunjung tidak nyaman, maka mesin pencari juga tidak tertarik untuk menyimpannya di halaman pertama.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian SEO friendly dan apa saja faktor yang membuat website bisa dikatakan ramah mesin pencari. Hal seperti ini pastinya tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat, sebab Anda perlu mendedikasikan waktu khusus untuk memahaminya dengan serius. Jika Anda membutuhkan jasa SEO untuk keperluan bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi Grow&Bless Digital Marketing.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram