Grow and Bless Digital Marketing
Juli 24, 2021
/

Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Jenis Hosting Website

Oleh: 
Ardian Susanto

Ketika berbicara tentang membuat situs sendiri, Anda pasti sering mendengar tentang hosting website. Karena hal ini merupakan salah satu bagian paling penting dalam sebuah website yang membuat situs Anda bisa diakses oleh para pengunjung dari seluruh dunia.

Meskipun sebenarnya, website terdiri dari banyak bagian penting. Mulai dari domain, hosting, sever, dan masih banyak lagi. Website juga membutuhkan landing page, halaman-halaman dan bagian teknikal lainnya yang sulit untuk dipelajari secara bersamaan.

hosting website

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini mari kita mulai dengan mempelajari apa itu hosting dalam website dan mengapa benda ini sangat penting.

Pengertian Hosting Website

Jika mengacu pada situs Namecheap, pengertian dari hosting atau web hosting adalah sebuah tempat, media, atau fasilitas yang menyimpan seluruh data yang muncul di halaman website Anda. Baik itu berupa foto, code, tulisan, rekaman suara, video, dan konten dalam bentuk apapun.

Untuk Anda yang belum tahu, website sendiri merupakan sebuah kumpulan dari data, code dan konten yang muncul dengan menggunakan code programming tertentu. Ketika Anda menulis sebuah artikel atau cerita di blog, tulisan tersebut akan disimpan di sebuah hosting agar bisa tampil pada website dan dibaca oleh para pengunjung.

Hal yang sama juga terjadi ketika Anda ingin mengunggah foto produk, membagikan potongan lagu, mengunggah sebuah film pendek atau ketika ingin mengisi konten apapun dalam website tersebut.

Jadi sederhananya, hosting merupakan sebuah media penyimpanan dari seluruh data yang akan tampil di situs Anda. Tanpa ada hosting, artinya Anda tidak bisa memberi konten apapun pada situs tersebut. Dengan kata lain, situs Anda tidak akan bisa dikunjungi karena tidak ada yang bisa ditampilkan.

Jika diibaratkan website adalah sebuah rumah, maka web hosting adalah tanah dimana rumah tersebut bisa berdiri dan ditempati. Sedangkan domain adalah alamat dan nama rumah tersebut agar bisa dibedakan dengan ribuan rumah yang lainnya.

Itulah mengapa hosting website sangatlah penting. Karena setiap situs apapun yang Anda kunjungi baik streaming, toko online, berita, hingga Youtube dan Facebook sekalipun pastinya memiliki hosting yang digunakan untuk tempat menyimpan seluruh konten mereka.

Hosting sendiri biasanya disediakan oleh layanan atau provider tertentu. Saat ini, sudah banyak penyedia layanan hosting yang terkenal dan pastinya sering Anda lihat iklannya di Youtube.

Fungsi Hosting untuk Website

Sebelumnya sudah disinggung bahwa fungsi hosting untuk sebuah situs adalah agar bisa diakses oleh banyak orang secara online. Namun untuk lebih lengkapnya, mari kita pelajari lebih jauh apa saja fungsi hosting untuk sebuah website dalam penjelasan di bawah ini.

1. Sebagai Media Memasukan Nama Alamat Situs

Seperti analogi yang sudah dibuat sebelumnya, website bisa kita bayangkan sebagai rumah dan hosting adalah tanahnya. Kemudian, terdapat domain yang merupakan alamat dari rumah tersebut yang terdiri dari nomor unit rumah dan sebagainya.

Tanpa sebuah lahan tanah, tentunya Anda tidak bisa memiliki rumah dengan alamat lengkap. Sedangkan tanpa alamat nomor unit rumah, nantinya rumah Anda akan sulit dibedakan oleh rumah-rumah yang lain.

Itulah fungsi dari hosting yang pertama, yaitu sebagai media menyimpan domain dan menghubungkan dengan situs Anda. Tanpa sebuah hosting, website Anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dan tanpa domain sendiri, pastinya website Anda tidak bisa diakses oleh para pengunjung.

Domain sendiri merupakan alamat situs yang biasa kita kenal dengan apa-apa yang berakhiran .com, .id, .co.id, dan masih banyak lagi.

Domain akan terhubung dengan hosting melalui DNS. Hal ini merupakan masalah yang berhubungan dengan teknis dan Anda perlu mempelajari lebih lanjut dengan cara langsung praktek.

2. Sebagai Tempat Menyimpan Seluruh Data dan Konten di Dalam Website

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, website merupakan sebuah kumpulan halaman, code program, foto, video, terkadang animasi, dan berbagai macam jenis konten lainnya. Semua konten yang tampil di dalam website Anda akan disimpan di dalam hosting.

Layaknya sebuah komputer, website juga membutuhkan tempat penyimpanan untuk menyimpan seluruh data yang akan tampil. Jika Anda tidak mengunggah foto atau video yang ingin ditampilkan di website ke dalam hosting, maka tentunya konten tersebut tidak akan bisa muncul.

Namun kebanyakan platform website saat ini bisa langsung mengunggah konten yang ingin ditampilkan di situs tanpa harus menunggahnya secara manual ke hosting. Hal inilah yang kadang membuat orang bingung kenapa hosting digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

Dan jika Anda perhatikan. setiap layanan hosting selalu memberikan pilihan produk dengan ukuran tertentu. Contohnya seperti 100 mb, 500 mb, 1 gb hingga 15 gb. Ukuran tersebut merupakan besar kecilnya media penyimpanan yang bisa Anda gunakan.

Ketika seluruh 100 mb yang tersedia sudah Anda gunakan, maka website tersebut tidak bisa menambahkan konten apa-apa lagi.

3. Membuat Website Bisa Diakses oleh Pengunjung Secara Online

Fungsi hosting website yang terakhir dan yang paling penting adalah agar situs Anda bisa dikunjungi oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Karena setelah Anda punya tanah dan alamat, tentunya orang-orang bisa langsung mengunjungi rumah tersebut.

Tanpa hosting, website Anda sebenarnya tetap bisa dikunjungi. Caranya adalah dengan mengunggah seluruh data dan konten yang muncul di dalam website tersebut ke internet.

Kemudian pengunjung yang ingin melihat isi konten situs Anda harus mengunduh seluruh data tersebut dan membukanya menggunakan XAMPP. Metode ini dinamakan local hosting atau localhost.

Namun sudah jelas metode tersebut sangat ribet dan tidak semua orang mengerti. Oleh karena itu, cara yang paling mudah adalah dengan menyewa hosting agar situs Anda bisa online dan dikunjungi oleh siapapun dari negara manapun.

hosting website

Jenis-jenis Hosting yang Bisa Digunakan untuk Website

Dikutip dari situs Quick Sprout, ada banyak jenis hosting website yang bisa digunakan untuk situs Anda. Namun setidaknya hanya ada 6 jenis hosting terbaik di tahun 2021 yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah:

1. Reseller Hosting

Reseller hosting merupakan jenis web hosting yang paling cocok untuk memulai perjalanan situs Anda. Karena meskipun hanya tersedia dengan kapasitas yang sangat kecil, biaya web hosting yang satu ini sangat terjangkau.

2. Cloud Hosting

Selanjutnya ada cloud hosting, jenis hosting website yang sedang naik daun di tahun 2021. Sesuai dengan namanya, jenis hosting yang satu ini disimpan di media cloud alias di internet.

3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis hosting yang digunakan khusus untuk Anda sendiri. Biaya hosting yang satu ini agak mahal, namun Anda bisa mendapatkan media penyimpanan yang sangat luas.

4. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah jenis hosting yang disediakan khusus untuk pengguna WordPress. Harga hosting yang satu ini cukup terjangkau dan sudah banyak testimoni penggunanya dari seluruh dunia.

5. VPS Hosting

VPS hosting adalah jenis hosting website yang sangat multifungsi. Cocok untuk situs jualan online, portofolio maupun kebutuhan pribadi.

6. Shared Hosting

Dan terakhir adalah shared hosting. Jenis hosting yang satu ini digunakan secara bersama oleh banyak pengguna sehingga harganya lebih murah.

Seperti itulah pengertian hosting website beserta jenis dan fungsinya. Nah, sekarang waktunya Anda pilih ingin menggunakan hosting jenis apa yang paling cocok untuk kebutuhan masing-masing. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website, jangan ragu untuk menghubungi Grow&Bless Digital Marketing.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram