Grow and Bless Digital Marketing
Agustus 16, 2021
/

Mengenal Lebih Jauh Tentang Backlink pada Situs Web

Oleh: 
Ardian Susanto

Sedikit tentang backlink sudah kami singgung pada artikel lain yaitu mengenai SEO off page. Mengapa perihal backlink atau pranala link ini perlu dijelaskan pada artikel tersendiri? Pasalnya, fakta menunjukkan bahwa masih banyak yang belum paham dan asal-asalan dalam melakukan optimasi backlink.

Pranala link yang bagus bukan berarti jumlahnya banyak. Google tidak pernah melihat kuantitas backlink, tetapi melihat bagaimana kualitasnya dan dengan cara apa Anda mendapatkannya.

Backlink

Salah dalam menerapkan backlink dapat membahayakan situs Anda. Web bisa dianggap spam dan membuatnya terlempar dari mesin pencari.

Maka dari itu, supaya tidak salah lagi mari simak materi mengenai pengertian, jenis-jenis, dan cara penerapan backlink pada konten berikut ini

Apa Itu Backlink?

Backlink atau pranala link diartikan sebagai tautan yang mengarah ke sebuah situs. Misalnya, saya menulis artikel dan memberikan link keluar atau eksternal link ke situs Alodokter maka artinya adalah Alodokter mendapatkan backlink dari situs saya.

Dalam segi SEO, pranalink sangat berguna untuk meningkatkan jumlah rujukan sehingga membuat website lebih populer di mata google. Website yang disukai google tentu saja lebih ramah terhadap search engine.

Ketika kita mendapatkan backlink, sebenarnya ada dua tipe yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Backlink dofollow adalah backlink yang memiliki nilai lebih di mata mesin pencari, sedangkan yang nofollow kurang memiliki nilai plus di mata google walaupun kedua backlink ini sama-sama dianggap oleh google.

Manfaat Backlink

Adapun manfaat pranala link bagi sebuah situs web adalah sebagai berikut :

1. Membangun Otoritas

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan apabila bisa mendapatkan backlink berkualitas adalah meningkatkan otoritas situs. Web jadi lebih dipandang oleh google karena banyaknya blog atau website lain yang memberi rujukan.

Nah, kalau google sudah suka maka lebih mudah menduduki peringkat satu di mesin pencari asalkan juga didukung optimasi SEO on page yang bagus juga.

2. Meningkatkan Traffic

Backlink pada kenyataannya juga bisa membuat traffic website jadi meningkat, baik itu secara cepat ataupun lambat. Penambahan traffic ini bisa berasal dari lalu lintas referal maupun visitor organik dari google.

Biasanya jika web Anda mendapatkan backlink dari website yang sangat populer, terjadi peningkatan traffic yang bersumber langsung dari situs pemberi backlink tersebut. Sementara itu, peningkatan visitor dari sumber organik disebabkan karena artikel kita mengalami kenaikan posisi di mesin pencari.

3. Meningkatkan Branding Website

Pranala link sangat berguna untuk meningkatkan otoritas sehingga akhirnya website pun menjadi terkenal. Kalau sudah begini, maka secara otomatis terjadinya peningkatan branding.

Anda tidak perlu capek-capek lagi mempromosikan bisnis Anda ke sana ke mari. Tak perlu juga mengeluarkan banyak uang untuk membayar iklan mahal-mahal. Dengan backlink, semua bisa didapatkan secara gratis.

4. Menjalin Hubungan Baru

Bisa saja karena sebuah backlink, maka ada yang berkunjung ke situs Anda. Dia jadi tertarik dan melakukan tindakan baik itu berkomentar maupun menjadi newsletter Anda.

Bahkan bukan tidak mungkin kedepannya bisa terjalin hubungan kerjasama yang baik karena konten-konten Anda dianggap berkualitas sebab banyak yang merekomendasikannya.

Selain keempat manfaat tersebut tentu saja masih banyak manfaat yang lainnya. Pada poin selanjutnya, kita akan membahas jenis-jenis backlink.

Jenis Backlink

Backlink masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut :

1. Backlink Kontekstual

Apa itu backlink kontekstual atau contextual backlink? Backlink ini adalah backlink yang tertanam di artikel website untuk berbagi CMS, baik itu blogger, wordpress.com, wordpress.org, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian banyaknya jenis prana link, jenis kontesktuallah yang memiliki kualitas paling bagus. Dengan catatan backlink harus berasal dari situs yang relevan dengan situs Anda.

2. Backlink Profile

Backlink yang satu ini tertanam pada profil website. Biasanya mengarah ke homepage dan bersifat nofollow, ada juga yang bersifat dofollow.

Untuk bisa mendapatkan backlink profile, biasanya ada biodata web yang harus diisi terlebih dahulu. Nah, di sanalah kita disuruh mengisi alamat website dan setelah disimpan maka alamat website tersebut menjadi tautan aktif yang jika diklik bakal mengarah ke situs Anda.

Soal kualitas, sebenarnya cukup bagus meskipun tidak sebagus backlink kontekstual. Namun sayangnya, backlink jenis ini sedikit lama terindeks oleh search engine google.

3. Backlink Comment

Sesuai dengan namanya, backlink comment adalah backlink yang terpasang di kolom komentar. Cara pasangnya sangat mudah, tinggal beri komentar di situs lain lalu tanamkan link aktif di sana. Kalau Anda berkomentar di web berbasis wordpress maka tersedia kolom untuk menambahkan website ketika berkomentar.

Namun sayangnya kualitas dan nilai power backlink ini kurang begitu bagus. Sehingga sudah mulai banyak yang tak lagi menggunakannya. Jadi bukan lagi hal yang mudah menanam link di kolom komentar. Komentarnya mungkin bisa saja disetujui, tapi belum tentu dengan linknya.

Apalagi jika Anda memberikan komentar spam dan menanam link dalam jumlah yang terlampau banyak. Google tidak suka itu dan bisa membuat blog atau website terkena penalti.

4. Blogroll Backlink

Backlink jenis ini biasanya terpasang di sidebar dalam bentuk kumpulan link aktif. Dulu backlink blogroll memang sangat populer dan sering digunakan, tapi hal seperti itu sekarang sudah jarang lagi digunakan.

Alasannya adalah sekarang bagian sidebar web lebih cocok dipasang popular post, post terkait, kategori, atau post terbaru. Adanya blogroll membuat web sedikit lebih lambat karena adanya javascript yang bekerja.

Selain itu, backlink yang satu ini dianggap kurang memiliki power sehingga banyak orang yang meninggalkannya.

Backlink

5. Document Sharing Backlink

Document sharing backlink adalah backlink yang tertancap pada sebuah dokumen baik itu pdf, word, excel, maupun yang lainnya. Mendapatkan backlink jenis ini sangatlah mudah.

Buatlah dokumen terlebih dahulu dan jangan lupa tanamkan link di sana. Setelah jadi, silakan upload dokumen tersebut ke situs sharing document. Tunggu saja efek dari backlink ini.

6. Image Sharing Backlink

Cara kerja backlink ini kurang lebih sama dengan document sharing backlink. Hanya saja bedanya, yang diupload adalah berupa gambar atau foto.

Nah, di gambar itulah kita bisa menancapkan pranala link yang mengarah ke situs kita. Efek dari backlink ini tak jauh berbeda dengan backlink jenis document sharing.

7. Social Media Backlink

Apa itu backlink sosial media? Sesuai dengan namanya, pranala link ini tertanam di sosial media baik itu facebook, instagram, twitter, maupun yang lainnya. Link bisa ada di bagian bio atau pada bagian status.

Ketika Anda membagikan artikel yang sudah di publis ke facebook misalnya, sebenarnya Anda telah melakukan optimasi social media backlink. Pada umumnya backlink ini bersifat nofollow bukan dofollow seperti jenis backlink lainnya.

8. Guestbook Backlink

Cara kerja backlink ini mirip-mirip seperti backlink komentar. Pada website terdapat buku tamu dan di sanalah Anda bisa menambahkan link yang mengarah ke situs Anda.

Guestbook backlink powernya juga kurang maksimal. Namun apabila Anda ingin melakukannya, sebaiknya tanamkan link pada website yang sedikit spamnya.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Sebelum kami menjelaskan tentang hal ini, ada sesuatu yang wajib Anda ketahui terlebih dahulu perihal backlink.

Google sangat suka dengan backlink natural yang datang dengan sendirinya ke sebuah website. Misalnya, situs merdeka.com merekomendasikan alodokter sebagai salah satu situs kesehatan terbaik di Indonesia. Alodokter sama sekali tidak meminta merdeka.com memberikan backlink, tali semuanya diberikan secara ikhlas tanpa diminta.

Inilah yang disebut backlink berkualitas sesungguhnya. Jadi, jika kita bisa membuat konten apik dan bermanfaat untuk pembaca, seharusnya bukan hal sulit mendapatkan banyak backlink.

Jadi, kita tidak perlu cari backlink dong?

Kalau Anda mau menggunakan cara di atas ya silakan saja. 100% putih dan terhindar dari penalti google, namun kekurangannya adalah Anda belum tentu bisa mendapatkannya dalam waktu yang sama.

Sebenarnya kalau mau cari-cari backlink itu aman-aman aja kok. Asal tau tekniknya, dan tidak dilakukan secara spam.

Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa tips atau cara dalam mencari atau menemukan backlink berkualitas untuk situs Anda. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini :

1. Aktif Blogwalking

Apa itu Blogwalking? Jadi, Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi web atau blog orang lain dan meninggalkan komentar (bila perlu). Blogwalking bukan hanya bermanfaat menambah relasi pertemanan antar blogger, tetapi juga bisa mendapatkan backlink berkualitas.

Seseorang yang melakukan kunjungan ke situs Anda bukan tidak mungkin merasa tertarik dan akan membagikan artikel Anda ke sosial media atau merekomendasikannya di situs mereka.

Semakin bagus lagi jika Anda Blogwalking di web yang relevan dengan situs Anda. Jadinya, backlink yang Anda dapatkan juga relevan sehingga lebih berkualitas.

2. Menggunakan Tools

Loh, bukannya backlink tools itu dilarang google?

Eits, jangan salah dulu. Maksud dari penggunaan tools di sini adalah kita memanfaatkan tools pihak ketiga hanya untuk memantau backlink yang dimiliki kompetitor.

Saat ini sudah tersedia banyak sekali tools gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk memantau backlink kompetitor. Bahkan bukan hanya backlink saja yang bisa dipantau, melainkan juga posisi authority, posisi keyword, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dua tools terbaik yang umum digunakan adalah ahrefs dan moz. Keduanya tidak sepenuhnya gratis, versi gratisnya hanya bersifat trial saja.

3. Melakukan Guest Post

Guest post atau istilah lainnya guest blogging adalah menulis artikel di website orang lain. Kalau mau mendapatkan backlink, tentu saja Anda harus menanamkan link di sana.

Tapi, Anda tidak bisa asal memilih web untuk dijadikan sebagai tempat guest post. Pastikan blog memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  • Blog atau web aktif.
  • Bukan blog spam atau mengandung konten negatif.
  • Authority tinggi.
  • Trafik tinggi.
  • Relevan dengan situs Anda.

Di awal-awal mungkin tidak mudah mendapatkan izin melakukan guest post di web besar, sebagai solusi menulis artikel saja di web milik teman Anda. Biasanya kalau sesama blogger, ia pasti bakalan mengizinkan.

4. Memanfaatkan Content Sharing Platform

Yang dimaksud content sharing platform di sini adalah menulis artikel di situs-situs seperti Kompasiana, hipwee, Brilio, medium, Viva blog, dan situs web lain yang sejenis. Biasanya untuk bisa menulis di sana, Anda wajib memiliki akun terlebih dahulu.

Setelah daftar dalam pengisian biodata atau profil Anda bisa menambahkan link website di sana. Sifatnya memang nofollow, tetapi link Anda terpasang pada website yang high traffic sehingga efek positifnya pasti akan terasa.

Jadi, jenis backlink yang akan Anda dapatkan adalah backlink Profile. Dahulu, memang bisa menanam link ketiga menulis konten di situs seperti itu, tapi sepertinya sekarang sudah tidak bisa.

5. Membuat Infografis

Kalau hanya tulisan panjang saja, itu sangat membosankan. Berbeda dengan infografis yang terlihat lebih menarik sehingga lebih mudah dibagikan oleh orang lain.

Sebagai contoh, setelah membuat artikel Anda bisa membagikannya ke sosial media namun ada tambahan infografis. Bukan hanya taruh link saja.

Infografis yang menarik dan informatif biasanya akan dibagikan terus atau direkomendasikan pada situs lain.

Nah, itu dia beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas.

Kriteria Backlink Berkualitas

Dalam mencari backlink, tidak bisa asal pilih. Anda perlu memilih website terbaik untuk dijadikan sebagai sumber backlink.

Agar tidak salah pilih, berikut ini kami sampaikan beberapa kriteria backlink berkualitas yang bisa meningkatkan SEO situs Anda.

6. Relevan

Alangkah lebih baik jika Anda memperoleh pranala link dari web yang relevan dengan website Anda. Maksud dari relevan di sini adalah memiliki tema yang sama.

Misal, jika Anda memiliki web niche teknologi maka mendapatkan backlink dari web Niche teknologi juga itu lebih bagus daripada web niche yang lainnya.

Lantas, apakah mendapatkan backlink dari web yang kurang relevan atau tidak relevan itu buruk?

Sebenarnya boleh-boleh saja selama website tersebut bukan web spam tetapi website berkualitas. Akan tetapi, efeknya tidak terlalu powerfull jika dibandingkan dengan backlink dari web yang relevan.

Mendapatkan pranala link dari situs yang relevan harus menjadi pertimbangan yang utama. Bukan hanya relevan saja melainkan juga harus berkualitas.

7. Memiliki Authority Tinggi

Penilaian authority memang hanya penilaian dari tools pihak ketiga, bukan penilaian langsung dari google. Tetapi nilai authority ini bisa menjadi gambar seberapa populer dan seberapa berkualitas situs tersebut.

Website dengan authority tinggi adalah website yang memiliki pengaruh, kredibel, berumur, dan sudah menerbitkan banyak konten. Banyak blogger yang mencari backlink dengan mempertimbangkan nilai Domain Authority dari Moz atau Domain Rating dari Ahrefs.

8. Trafik Tinggi

Ciri pranala link berkualitas lainya adalah berasal dari website dengan trafik tinggi. Kalau Anda menanam link di web bertrafik rendah biasanya efeknya tidak terlalu terasa.

Untuk memantau estimasi trafik, Anda bisa memanfaatkan tools pihak ketiga. Salah satunya adalah ubbursuggest. Lewat tools ini Anda bisa melihat estimasi trafik dalam kurun waktu selama beberapa bulan terakhir.

Sayangnya tools ubbursuggest juga memiliki kekurangan yaitu data baru diperbarui setelah beberapa bulan tidak realtime seperti tools berbayar (ahrefs dan Moz).

9. Terindeks Google

Tips ini juga tak kalah penting, percuma saya sudah pasang backlink tapi akhirnya tidak terindeks google. Setelah Anda menulis di situs web orang lain dan menanam link, jangan lupa minta orang tersebut untuk inspeksi url di google play store.

Untuk pranala link jenis kontekstual, biasanya muncul di google search console dalam waktu satu hingga dua mingguan. Tergantung seberapa berkualitas website tersebut.

Sekian pembahasan mengenai backlink dan bagaimana tips mendapatkannya. Backlink berkualitas juga bisa Anda dapatkan lewat jasa digital marketing dari Grow&Bless.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram