Grow and Bless Digital Marketing
Agustus 12, 2021
/

Ini Dia Manfaat Local SEO dan Tips Mengoptimasinya

Oleh: 
Ardian Susanto

Jika Anda memiliki local businesses atau bisnis lokal, optimasi SEO local adalah hal yang paling tepat dilakukan. Tujuannya tentu saja untuk menarik pelanggan sehingga terjadi pembelian

Hasil riset menunjukkan bahwa sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal. Bahkan sebanyak 29% pencarian lokal pada akhirnya melakukan pembelian.

Local SEO

Oh ya, yang dimaksud lokal disini adalah wilayah yang terdekat dengan tempat bisnis Anda. Misal user yang tinggal di Jakarta, rata-rata mencari produk di Jakarta juga.

Sekarang mari kita pelajari mengenai local SEO dan bagaimana cara penerapannya yang benar.

Apa Itu Local SEO?

SEO Local atau Local SEO merupakan sebuah optimasi SEO yang mengandalkan metode menampilkan bisnis di pencarian lokal.

Jika Anda melakukan SEO ini, maka bisnis Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, terutama di ‘Map Pack’ dan ‘Organic Listings’.

Berbeda dengan SEO On Page dan SEO Off Page yang mengandalkan website pribadi, maka untuk SEO local tidak sepenuhnya mengandalkan website. Tapi Anda juga membutuhkan yang namanya google bisnis plus optimasi SEO On Page tetap harus dilakukan.

Manfaat Local SEO Bagi Bisnis

SEO Local merupakan salah satu optimasi terbaik untuk mengembangkan bisnis dengan target pasar lokal. Bukan hanya itu saja, ada banyak benefit yang bisa didapatkan jika menggunakan SEO Local yaitu :

  • Mendapatkan Pelanggan baru dan juga Potensial
  • Meningkatkan penghasilan
  • Meningkatkan repeat order
  • Meningkatkan peringkat website di mesin pencari.
  • Kampanye marketing yang efektif
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alasan Local SEO Bisa Mendatangkan Pelanggan Baru

Salah satu manfaatkan menerapkan local SEO adalah dapat mendatangkan pelanggan baru. Ini bukanlah hoaks, setidaknya beberapa alasan berikut membuat bisnis Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dari SEO local.

1. Pelanggan Mencari Produk Lewat Internet

Jangan hanya berpikiran bahwa calon pembeli atau pelanggan hanya mencari produk lewat sosial media atau marketplace saja, tetapi juga melalui pencarian google. Bahkan data menunjukkan bahwa, 96% pemilik PC melakukan pencarian lokal dan 78% hasil pencarian mobile lokal berujung pada jual beli.

Jadi, sangat terbuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan baru terutama yang berasal dari satu daerah.

2. Jumlah Pengguna Internet yang Meningkat

Alasan pertama semakin dikuatkan lagi dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat. Terlebih lagi pada masa pandemi covid 19 seperti saat ini, banyak orang lebih memilih berbelanja lewat internet.

3. Meningkatkan Traffic Website Bisnis

Dengan menerapkan local SEO, maka sangat terbuka peluang situs Anda mengalami kenaikan traffic. Setidaknya traffic berasal dari dua sumber yaitu search engine dan Google My Business.

Nah, kalau sudah terjadi peningkatan visitor maupun trafik situs, maka bukan tidak mungkin Anda bakalan mendapatkan pelanggan baru.

4. Hanya 44% bisnis yang mendaftarkan bisnis mereka pada Google My Business

Google My Business merupakan salah satu media untuk mengoptimasi SEO local, hanya 44% pebisnis yang. Ini artinya tingkat persaingannya cukup rendah.

Sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkan SEO local untuk mengembangkan bisnis. Karena masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya optimasi ini untuk menjangkau banyak pelanggan.

5. Marketing Lokal yang Tertarget

Optimasi Local SEO sebenarnya merupakan teknik digital marketing secara tidak langsung melalui mesin pencari. Dan marketing berujung kepada bisnis yang mendapatkan pembeli atau pelanggan tertarget.

Marketing dan promosi yang Anda lakukan jadi tepat sasaran. Tiada marketing yang sia-sia jika Anda mengoptimasi SEO Local.

6. Menghasilkan Konversi Tinggi

Menerapkan SEO local dengan baik juga bisa membuat bisnis Anda mendapatkan konversi yang tinggi. Dengan konversi yang tinggi, membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan?

Bagaimana Cara Optimasi Local SEO Itu?

Bagaimanakah cara mengoptimasi local SEO itu? Berikut tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan :

1. Dimulai Dari Google Bisnis

Google Bisnis atau Google Bisnisku merupakan layanan berbasis Internet untuk para pemilik usaha dan dijalankan oleh Google. Berbekal layanan ini, pemilik bisnis atau usaha bisa mengendalikan bisnis di mesin pencari.

Berbekal layanan ini juga, bisnis Anda bisa muncul di ‘local map listings’ pada halaman hasil pencarian. Local listing adalah daftar tempat usaha yang biasanya muncul di peringkat teratas mesin pencari.

Yang Anda butuhkan untuk membuat akun google bisnisku adalah akun google saja. Jadi, apabila Anda sudah memiliki akun google sebenarnya Anda sudah punya akun Google Bisnisku hanya saja profilnya belum lengkap saja.

Tugas Anda selanjutnya adalah melengkapi informasi dan profil yang ada pada Google Bisnisku. Pastikan lengkap 100% mulai dari nama bisnis, alamat, jam buka tutup, dan lain sebagainya.

Local SEO

Berikut ini cara melengkapi informasi dan profil akun Google Bisnisku :

  • Pertama silakan buka terlebih dahulu google my business pada browser Anda.
  • Pastikan Anda juga sudah login ke akun google.
  • Langkah selanjutnya, klik mulai sekarang.
  • Isi nama bisnis Anda kemudian klik next.
  • Tambahkan alamat bisnis Anda. Jika bisnis Anda mengirim barang atau jasa ke pelanggan, silakan beri centang pada bagian kotak di bawah.
  • Tentukan lokasi bisnis di google maps. Cukup tarik penanda dan posisikan di lokasi bisnis Anda pada google maps dan klik 'next'.
  • Selanjutnya pilih kategori bisnis.
  • Tambahkan nomor telepon dan website. Nah, website yang diisi ini adalah website toko online Anda.
  • Klik continue untuk melanjutkan.
  • Nanti pihak Google Bisnisku akan melakukan proses verifikasi. Nantinya akan ada pengiriman secret pin ke alamat yang Anda atur di google maps.

Tips Menggunakan Akun Google My Business :

  • Profil wajib lengkap 100% (nama, foto, jam buka tutup, kategori, alamat di google maps, dan lain sebagainya).
  • Buat logo yang apik dan menarik sehingga calon pembeli jadi tertarik mengunjungi website bisnis Anda.
  • Ketika Anda mengunggah gambar, beri nama file sesuai target keyword.
  • Pemilihan kategori harus tepat karena sangat berpengaruh terhadap local SEO.

2. Lakukan Riset Keyword

Setelah bisnis Anda sudah terdaftar di Google My Business, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan riset keyword. Tujuannya adalah supaya ketika ada seseorang mencari produk atau jasa dengan keyword tertentu, maka yang muncul di pencarian teratas search engine adalah bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan tools apa saja untuk riset keyword. Baik itu ubbursuggest, google keyword planner, moz, ahrefs ataupun yang lainnya. Apapun tools yang Anda gunakan, pastikan keyword memiliki potensi pencarian tinggi.

Sebab, percuma saja memilih keyword dengan pencarian rendah tidak mendatangkan banyak pembeli. Dengan memilih keyword dengan banyak pencarian, sangat terbuka peluang bagi Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Tak hanya itu saja, keyword yang dipilih seharusnya mendeskripsikan bisnis Anda. Contoh, apabila Anda menjalankan usaha toko mainan di kota Palembang, maka beberapa kata kunci yang bisa Anda pilih antara lain yaitu :

  • Toko buku Palembang
  • Toko buku di daerah Palembang
  • Toko buku dekat Palemabang
  • Toko buku terlengkap di Palembang

Jika pertanyaannya apa tools terbaik untuk riset keyword untuk konten lokal? Maka jawaban saya adalah Google Trends. Setidaknya ada beberapa alasan yaitu :

  • Anda bisa mengetahui bagaimana tren pencarian kata kunci tersebut. Pada bulan ini mungkin tinggi pencariannya, tapi belum tentu hal yang sama terjadi pada bulan depan.
  • Dengan tools ini juga, Anda bisa memilih kategori yang disesuaikan dengan kategori bisnis Anda.
  • Tak cukup sampai disitu saja, terdapat fitur subwilayah yang membuat Anda dapat mengetahui seberapa besar minat pengguna internet di daerah tertentu mencari kata kunci yang ditargetkan. Satu kata kunci mungkin tidak banyak digunakan di daerah A, tapi belun tentu untuk daerah B, daerah C, daerah D, dan lainnya.

Ketika keyword potensial itu sudah didapatkan, Anda bisa menyisipkannya di konten website Anda atau pada deskripsi Google My Business. Selain itu, kata kunci bisa dioptimasikan ketika Anda melakukan optimasi SEO on page.

3. Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO local selanjutnnya adalah dengan melakukan optimasi SEO On Page pada website bisnis Anda. Hal ini perlu Anda lakukan supaya google bisa lebih memahami konten website Anda, semakin mudah memahaminya, maka semakin mudah website bisnis Anda muncul di pencarian teratas.

Sebelum menerapkannya, pastikan terlebih dahulu situs sudah terindeks di google search console. Karena bakalan sia-sia Anda melakukan optimasi, tapi pada akhirnya tidak ada satu kata kunci pun yang muncul atau terineks di pencarian google. Untuk Anda yang belum tau, google search console merupakan salah satu seo tools untuk mempermudah artikel atau web terindeks mesin pencari.

Ada sedikit perbedaan penerapan on page SEO pada SEO local dan non local. Untuk SEO local, Anda perlu memerlukan schema markup yang berfungsi untuk memberi kode tambahan kepada Google agar bisa lebih memahami konteks situs Anda. Penerapannya sangat mudah, Anda tinggal memanfaatkan Structured Data Markup Helper (google.com) dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Silakan buka terlebih dahulu situs Structured Data Markup Helper.
  • Selanjutnya pilih tab website.
  • Selanjutnya pilih local business.
  • Jangan lupa masukkan situs bisnis Anda dan dilanjutkan dengan mengklik start tagging.
  • Ikuti proses selanjutnya dan terakhir klik create HTML. Silakan simpan terlebih dahulu kode HTMLnya.
  • Masukkan kode HTML tersebut ke header situs Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan schema markup Geo Coordinates. Schema markup ini bisa membuat google lebih akurat dalam menentukan lokasi bisnis. Kurang lebih seperti ini schemanya :

<span itemprop=”geo” itemscope itemtype=”http://schema.org/GeoCoordinates”>

<meta itemprop=”latitude” content=”43.9282194″ />

<meta itemprop=”longitude” content=”-93.3570221″ />

</span>

Tips lain dalam menerapkan SEO Local dari optimasi ini adalah dengan membuat konten lokal. Apa itu konten lokal? Adapun yang dimaksud dengan konten lokal adalah konten yang berhubungan dengan daerah tempat bisnis Anda dijalankan saat ini.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha travelling di Palembang maka Anda bisa membuat artikel seputar kuliner di Palembang, tempat wisata di Palembang, adat istiadat Palembang, dan segala hal yang berhubungan dengan kota Palembang.

Paling tidak dengan membuat konten lokal, Anda bisa menarik pelanggan terdekat terlebih dahulu sebelum menjangkau pelanggan yang lebih jauh.

4. Optimasi SEO Off Page

SEO off page tidak bisa Anda lupakan begitu saja. Mengingat optimasi ini tetap memiliki pengaruh terhadap kemunculan bisnis Anda di mesin pencari, jika dilakukan dengan benar maka bukan hal sulit website bisnis Anda muncul di peringkat atas search engine.

Dalam kaitannya dengan SEO local atau local seo, Anda bisa mendapatkan backlink dari berbagai website lokal dan industri terkait. Contohnya, apabila Anda memiliki usaha toko mainan Palembang maka Anda bisa mendapatkan link dari media lokal atau industri lokal Palembang.

Apakah semudah itu mendapatkan backlink? Jawabannya tentu saja tidak.

Anda tetap harus mengajukan permohonan kepada mereka. Tapi, ketika Anda hendak mengajukan permohonan, pastikan terlebih dahulu situs Anda dalam keadaan bagus sehingga mereka tertarik memasang link yang menuju ke situs Anda.

Selain itu, social media juga bisa dimanfatkan untuk optimasi off page SEO. Lewat social media Anda juga bisa mempromosikan usaha Anda.

5. Menambahkan NAP Citations

Apa itu NAP Citations? Nap Citations merupakan kutipan biodata bisnis yang terdiri atas Name (Nama Bisnis), Address (alamat), dan Phone (nomor telepon) atau yang juga dikenal dengan sebutan Name address and phone.

Dalam menerapkan SEO local, NAP adalah salah satu hal yang paling penting dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. NAP bisa membuat bisnis bisa relevan di local search atau pencarian lokal. Semakin sering NAP bisnis Anda muncul di internet, berarti bisnis Anda semakin eksis.

NAP ini bisa Anda tambahkan di beberapa tempat seperti website, akun media sosial, dan Google Bisnisku. Data nama bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon pastikan semua sama saat dipasang di website, social media, maupun Google Bisnisku.

6. Perhatikan Ulasan Konsumen

Pembeli adalah raja, maka sudah seharusnya mendapatkan perlakuan istimewa. Dalam menjalankan bisnis apapun, Anda wajib tau bagaimana ulasan konsumen atau pembeli Anda.

Apakah mereka puas dengan layanan yang Anda berikan? Ataukah justru tidak?

Sebagaimana yang diketahui, ulasan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi local SEO. Semakin bagus ulasan dan ratingnya, maka semakin eksis bisnis Anda terus tampil di peringkat teratas mesin pencari.

Apabila mereka puas, jangan lupa ucapkan terima kasih dan tingkatkan terus pelayanan Anda. Sedangkan apabila mereka merasa kurang tau tidak puas, silakan perbaiki kualitas layanan Anda.

Bagaimana jika bisnis masih baru dan  pelanggannya masih berjumlah sedikit? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :

  • Setelah ada pelanggan yang melakukan pembelian, mintalah dia untuk memberikan review.
  • Merespon setiap review yang masuk dan berterimakasih karena telah memberikan respon.

Kesimpulan

Local SEO bisa menjadi cara terbaik mendapatkan pelanggan dengan target pencarian lokal. Di awal, mungkin pembelinya berasal dari daerah itu saja tapi lambat laun semakin terkenal usaha Anda maka pembelinya bisa datang dari mana saja.

Kalau Anda masih kurang paham dengan penjelasan diatas, berikut kami rangkum supaya Anda lebih mudah memahaminya :

  • Buat akun google bisnis dan jangan lupa lengkapi profilnya.
  • Lakukan riset keyword dengan target pencarian lokal. Contoh : Toko Buku Palembang, Toko Mainan Palembang, Warung Nasi Palembang, Toko Mainan Palembang, atau keyword lokal lainnya.
  • Lakukan optimasi On Page SEO dan didukung dengan optimasi SEO off page.
  • Tambahkan kutipan informasi bisnis Anda di internet.
  • Terakhir, pastikan Anda memberikan respon yang cepat dan ramah terhadap calon pelanggan.

Cari Jasa Digital Marketing Terbaik? Grow&Bless Saja!

Apabila Anda kesulitan melakukan optimasi seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing dari Grow&Bless. Ada banyak jasa digital marketing yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Jasa SEO (Search Engine Optimization).

Termasuk jasa SEO local pun juga tersedia dan menjadi salah satu jasa digital marketing terbaik yang dimiliki oleh Grow&Bless. Sangat cocok bagi Anda yang menginginkan bisnis semakin populer lewat pencarian google.

Dimanapun tempat usaha Anda akan dioptimasikan semaksimal mungkin sehingga bisa mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. Bahkan bisa masuk ke dalam local listings.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian, manfaat, dan penerapan optimasi SEO local yang dapat Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membuat usaha Anda lebih meroket.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram