Grow and Bless Digital Marketing
Agustus 17, 2021
/

Memahami Digital Marketing Lebih Dalam Beserta Jenisnya

Oleh: 
Ardian Susanto

Berbicara soal website ataupun sosial media, sebenarnya tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan digital marketing. Ketiganya saling berkaitan karena bisa menjadi salah satu jalan untuk membuat bisnis yang dipromosikan di web maupun sosmed jadi lebih berkembang.

Misal Anda memiliki produk atau jasa yang ingin dijual, tentu ingin banyak yang beli bukan? Nah salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemasaran atau marketing. Dan digital marketing itu merupakan salah satu jenis dari pemasaran juga.

Digital Marketing

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, jenis-jenis, dan strategi penerapan dari digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing berasal dari dua kata yaitu 'digital' dan 'marketing' yang artinya pemasaran digital. Atau dapat juga diartikan sebagai sistem pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet, dalam hal ini bisa berupa website, sosial media, ataupun platform lainnya.

Perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan lebih memilih pemasaran digital dibandingkan pemasaran secara konvensional. Saat ini, banyak masyarakat yang lebih suka belanja online sehingga pemasarannya pun juga harus dilakukan secara online.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi pemasaran digital menurut beberapa ahli yang harus Anda ketahui :

Heidrick & Struggles (2009)

Menurut Heidrick dan Struggles, digital marketing memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk periklanan yang tidak terlalu digembar-gemborkan namun memilki efek yang sangat besar.

Kleindl dan Burrow (2005)

Menurut Kliendl dam Burrow, arti dari digital marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Atau bisa juga diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Pemasaran digital menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan adalah kegiatan pemasaran menggunakan media seperti website, blog, email, dan berbagai jejaring sosial lainnya. Branding juga termasuk ke dalam pemasaran digital.

Urban (2004:2)

Arti pemasaran digital menurut Urban adalah memanfaatkan teknologi dan internet untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional.

Chaffey (2002:14)

Sementara itu, pengertian digital marketing menurut Chaffey adalah penerapan teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (website, surel, database, televisi digital dan melalui berbagai inovasi terbaru lainnya termasuk di dalamnya blog, feed, podcast, dan jejaring sosial) yang memberikan kontribusi terhadap pemasaran.

Purwana dkk (2017)

Purwana dkk mendefinisikan pemasaran digital sebagai aktivitas mempromosikan dan mencari pasar melalui media digital secara online dengan menggunakan berbagai sarana seperti jejaring sosial.

Nadya (2016)

Menurut Nadya, digital marketing adalah pemasaran dengan menerapkan teknologi secara digital. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan internet marketing.

Fungsi Digital Marketing

Berikut ini beberapa fungsi dari pemasaran digital yaitu :

1. Personalisasi

Dari sini, sangat terlihat jelas perbedaan antara pemasaran digital dan pemasaran konvensional. Adanya integrasi digital membuat perusahaan bisa mendapatkan data-data pribadi konsumen.

Misal, dimana tempat tinggalnya, apa yang menjadi kesukaannya, apa latar belakang pendidikannya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Data-data ini sangat penting sebagai bahan riset sebelum melakukan strategi yang tepat dalam pemasaran.

Tak hanya itu saja, personalisasi konsumen juga membuat perusahaan bisa memberikan layanan yang lebih intim. Perusahaan pun semakin dekat dengan konsumen dan konsumen pun setia dengan terus menerus membeli produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

2. Pelayanan

Perusahaan yang bisa memberikan pelayanan 24 jam tanpa henti membuat kepercayaan konsumen atau klien semakin meningkat. Pemasaran digital menjadi salah satu bentuk pelayanan kepada konsumen yang prima.

3. Privasi

Data-data yang telah didapat perusahaan dari klien wajib dijaga sebaik mungkin. Jangan sampai bocor dan tersebar kemana-mana, dan ini menjadi tanggung jawab perusahaan sepenuhnya.

Jika perusahaan tidak bisa melakukannya, maka konsumen pun jadi tidak percaya sehingga mengakibatkan penurunan omzet yang sangat drastis.

4. Promosi

Ini adalah fungsi utama dari digital marketing. Mempromoasikan produk atau jasa secara digital dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Pemanfaatan teknologi untuk melakukan branding dan promosi dinilai sangat tepat karena bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan juga bisa mendapatkan pelanggan yang lebih tertarget.

Manfaat Digital Marketing

Mengapa perusahaan memakai cara pemasaran seperti ini untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka? Jawabannya karena ada banyak sekali benefit yang bisa didapatkan. Apa saja itu? Langsung saja, simak berikut ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan apabil melakukan pemasaran digital.

1. Meningkatkan Penjualan

Namanya juga memasarkan, pasti tujuan akhirnya supaya terjadi peningkatan penjualan bukan? Nah, pemasaran digital inilah yang memiliki peranan untuk meningkatkan penjualan bahkan bisa repeat order.

Asal dilakukan degan cara yang tepat, pemasaran melalui internet bisa meningkatkan omzet perusahaan tanpa harus mengeluarkan modal yang sangat besar. Kalau omzet sudah meningkat pesat, kenaikan laba pun bakalan mengikuti.

2. Menjangkau Pasar Secara Online

Misalnya Anda memiliki bisnis jual beli sepatu, tanpa digital marketing membuat sepatu hanya terjual ke wilayah itu-itu saja. Ya paling tidak cuma dalam satu kota saja.

Berbeda halnya jika Anda menerapkan pemasaran digital. Bisnis Anda bisa menjangkau pasar bukan hanya secara offline, melainkan juga secara online. Anda bisa mendapatkan konsumen dari facebook, instagram, twitter, tiktok, google, dan berbagai macam jejaring sosial lainnya.

Justru untuk saat ini, pangsa pasar online lebih banyak karena berubahnya kebiasaan belanja orang. Dahulu mereka tidak masalah jika harus keluar rumah ke toko sepatu untuk beli sepatu, tapi untuk saat ini sudah ada gadget yang bisa membantu mereka membeli sepatu tanpa harus keluar rumah.

3. Mudah Menemukan Konsumen yang Tertarget

Dengan pemasaran digital, Anda bisa menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misalnya, calon konsumen A lebih sering mencari HP Samsung di internet, maka Anda bisa menjual HP Samsung ke dia.

Sekarang pertanyaannya adalah, darimanakah saya bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen lewat internet? Jawabannya adalah riset kata kunci atau keyword. Riset ini bertujuan supaya Anda mengetahui kata kunci apa sajakah yang biasa dicari oleh pengguna internet, termasuk produk atau jasa yang ingin dibeli.

Salah satu tools yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan riset keyword yaitu GKP atau Google Keyword Planner.

4. Mudah Melakukan Evaluasi

Manfaat digital marketing selanjutnya adalah bisnis bisa dievaluasi dengan mudah berkat bantuan tools-tools yang tersedia di internet. Misal, jika Anda berjualan melalui website maka Anda bisa menggunakan google analytics untuk memantau seberapa banyak orang yang mengunjungi toko online dan melakukan pembelian.

Jika sedikit, maka harus dilakukan perbaikan SEO on page maupun off page sehingga lebih banyak lagi pengunjung datang dan melakukan pembelian. Jika sudah banyak, bisa ditingkatkan lagi agar semakin banyak.

5. Bisnis Terlihat Profesional

Kehadiran bisnis di internet membuatnya terlihat lebih profesional. Coba saja lihat, perusahaan-perusahaan besar setidaknya memiliki dua hal, yaitu website dan akun sosial media untuk memasarkan produk yang dijual.

Keduanya merupakan bagian dari pemasaran digital juga. Nah, kalau bisnis sudah terlihat profesional, maka bisnis pun juga dinilai memiliki kredibiltas tinggi sehingga lebih mudah dalam mencari pelanggan setia.

6. Menghemat Biaya Promosi

Daripada melakukan pemasaran offline, yang mana Anda harus mencetak brosur atau baliho yang tentu saja tidak gratis, lebih baik lakukan pemasaran daring dengan biaya yang bisa ditekan. Bahkan, bisa tanpa modal hanya cukup kuota internet saja.

Jika ingin tanpa modal, promosikan saja bisnis Anda di sosial media atau marketplace. Sementara itu, untuk berbayar Anda bisa memanfaatkan google ads, IG ads, facebook ads yang biayanya bisa Anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Digital Marketing

Jenis Digital Marketing

Digital marketing terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu :

1. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan salah satu jenis digital marketing dengan memanfaatkan akun sosial media seperti facebook, instagram, twitter, maupun yang lainnya. Bahkan pemasaran di media sosial itu bisa tanpa biaya alias 100% gratis.

Berdasarkan data dari Hootsuite, hingga awal Januari 2021 jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 170 juta orang. Jumlah tersebut merupakan 61,8% dari total seluruh populasi yang ada.

Data tersebut menjadi bukti bahwasanya sosial media menjadi salah satu tempat terbaik dalam memasarkan produk maupun jasa secara daring.

2. Search Engine Marketing

Selain memanfaatkan sosial media atau sosmed, digital marketing juga bisa diterapkan dengan memanfaatkan search engine atau mesin pencari. Biasanya, yang paling umum digunakan adalah google karena jumlah penggunanya yang paling banyak dibandingkan search engine lainnya seperti bing, yandex, atau duckduckgo.

Apakah search engine marketing ini gratis? Jawabannya tidak. Sebab Anda harus membayar biaya iklan ke google ads atau google adwords supaya bisa menjangkau banyak konsumen. Tapi tak perlu khawatir, biaya iklan ini bisa Anda atur sesuai kebutuhan dan kantong dan bisa dihentikan kapan saja jika Anda sudah tidak membutuhkannya lagi.

Namun, sebelum melakukan promosi dengan cara ini Anda wajib memiliki blog atau website terlebih dahulu. Nantinya, blog atau website inilah yang bakal muncul di peringkat atas google dan calon pembeli Anda bakalan menemukannya. Saat ini cukup banyak layanan jasa google ads untuk membantu anda mendapatkan performa maksimal dari budget anda bila anda merasa bingung dengan berbagai aspek teknisnya.

3. Search Engine Optimization

Misal tidak cukup modal untuk bayar biaya iklan, maka gunakan saja teknik Search Engine Optimization atau SEO. Search Engine Optimization SEO sangat berguna meningkatkan peringkat website di mesin pencari, meski tidak bisa secara cepat dan instan.

Jika dilakukan dengan tepat, bukan sesuatu mustahil UKM ataupun UMKM yang memiliki web bisa bersaing dengan brand-brand besar di google. Untuk cara melakukan optimasi SEO, Anda bisa membacanya pada artikel yang sudah pernah kami buat ya.

4. Email Marketing

Jenis digital marketing selanjutnya yaitu email marketing. Cara menerapkannya yaitu Anda mengirimkan email kepada pelanggan berupa produk dan jasa terbaru atau apapun hal yang berhubungan dengan usaha Anda.

Email marketing mungkin tidak cocok bagi semua pelanggan karena dianggap spamming. Untuk meminimalisirnya, jangan kirim surel marketing terlalu sering dan jangan lupa sediakan tombol unsubsribe supaya pelanggan bisa meminta penghentian penerimaan email marketing.

Karena bagaimanapun juga, kenyamanan pelanggan harus menjadi priorias yang utama. Jangan sampai, justru Anda kehilangannya karena dianggap telah melakukan spam yang berlebihan.

5. Video Marketing

Sebenarnya, dibandingkan dengan tulisan video yang dikemas secara menarik lebih membuat tertarik calon konsumen. Maka dari itu, banyak perusahaan yang saat ini mulai menerapkan strategi video marketing baik itu di website, facebook, instagram, twitter, youtube, maupun tiktok.

Harus diakui, pemasaran produk ataupun jasa lewat video lebih menarik perhatian karena dianggap bisa menjelaskan produk dengan lebih mudah dan cepat dipahami. Berbeda halnya dengan content marketing yang dianggap membosankan bagi sebagian orang.

6. Content Marketing

Maksud dari content dalam hal ini adalah pembuatan konten tulisan. Ya, sejatinya tulisan bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik pelanggan asalkan Anda bisa membuat konten yang menarik serta disesuaikan dengan target pasar.

Supaya tulisan yang dihasilkan bisa meningkatkan penjualan, dibutuhkan kemampun copywriting tingkat tinggi. Maka dari itu, umumnya perusahaan memiliki seorang copywriter yang bertugas mempromosikan produk atau layanan mereka dalam bentuk tulisan. Biasanya tulisan bakal dipasang di website, blog, e-book, atau media sosial.

7. Influencer Marketing

Sebenarnya, ini merupakan bagian dari sosial media marketing juga. Hanya saja, tidak memanfaatkan layanan iklan yang tersedia, tetapi memanfaatkan influencer.

Apa itu influencer? Yakni pemilik akun sosmed yang memiliki pengaruh dan pengikut sehingga bisa menarik banyak pengikutnya supaya mau membeli produk yang ditawarkan.

Anda bisa bekerja sama dengan influencer dengan berbagai cara seperti mengadakan giveaway, melakukan lomba, memberikan kode diskon, atau yang lainnya.

Penerapan Strategi Digital Marketing yang Efektif

Strategi dalam memasarkan bisnis secara digital tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Mengingat calon konsumen adalah orang yang memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda. Berikut ini saya sampaikan beberapa langkah dan strategi promosi digital yang dinilai sangat efektif.

1. Dimulai dengan Membuat Website dan Akun Media Sosial

Tahapan pertama, bisnis Anda harus memiliki website terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja supaya lebih kredibel dan terlihat profesional. 

Setelah website sudah berhasil dibuat, diikuti dengan membuat akun media sosial dan hubungkan keduanya. Keduanya harus diketahui oleh calon pembeli maupun pelanggan sebagai salah satu bentuk branding.

2. Terapkan SEO

Supaya website tersebut banyak pengunjungnya, optimasi gratis yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan search engine optimization. Teknik dan cara menerapkan digital marketing yang satu ini sudah pernah dijelaskan sebelumnya.

Bila anda bingung menerapkan SEO untuk website anda, silahkan hubungi kami di Grow&Bless Digital Marketing untuk mendapatkan layanan SEO.

3. Iklan Berbayar

Jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya untuk membayar iklan supaya menjangkau pembeli secara lebih luas. Anda bisa membayar iklan di facebook, instagram, ataupun google dengan biaya yang bervariasi.

4. Kirim Email Marketing

Mengirim e-marketing merupakan cara membangun kedekatan hubungan dengan pelanggan. Mereka jadi tau apa produk atau jasa baru yang sedang Anda jual. Tapi, jangan kirim dalam jangka waktu yang sering, pelanggan akan merasa terganggu sehingga bakal meninggalkan Anda karena menganggapnya spamming.

Jasa Digital Marketing Grow and Bless

Tidak mau pusing-pusing mikirin cara menerapkan digital marketing? Serahkan saja pada Grow & Bless sebagai jasa digital marketing terbaik di Jakarta dan Indonesia.

Ada beragam layanan digital marketing yang bisa Anda pilih seperti SEO, SEM, dan masih banyak lagi yang lainnya. Grow and Bless siap membantu Anda mendapatkan lebih banyak pembeli.

Sekian pembahasan lengkap mengenai pengertian, kelebihan, manfaat, jenis-jenis, dan juga strategi dalam digital marketing. Silakan diterapkan supaya bisnis yang Anda jalankan bisa terus berkembang dan semakin pesat. 

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch-review-growandbless
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
privacy policy
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram