Grow and Bless Digital Marketing
Agustus 13, 2021
/

Cara Index Google Jitu dan Cepat untuk Website Anda

Oleh: 
Ardian Susanto

Salah satu langkah terpenting untuk membuat situs muncul di pencarian google adalah dengan meminta google melakukan Indexing atau pengindeksan.

Ibaratnya seperti ini ....

Anda punya web dan Anda ingin web tersebut tampil di mesin pencari. Maka Anda meminta google untuk mengindeks web yang Anda miliki.

Cara Index Google

Lantas, apakah jika tidak meminta web atau situs tidak akan terindex google?

Jawabannya tetap terindeks. Namun membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa tampil di halaman pencarian google.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara index google, terlebih dahulu saya akan menyampaikan beberapa istilah yang berkaitan dengan konten ini google index.

Apa Itu Indexing?

Indexing atau pengindeksan merupakan salah tahapan dari proses bagaimana Search Engine Optimazation bekerja. Dikutip dari How Search Engines Work: Crawling, Indexing, and Ranking | Beginner's Guide to SEO - Moz, indexing artinya proses penyimpanan dan pengaturan konten yang ditemukan search engine selama proses crawling.

Proses indexing biasanya terjadi sebelum ranking. Dan hal-hal yang masuk dalam index google diantaranya yaitu teks, url, gambar, video, dan kode HTML url.

Apa Itu Google Index?

Lalu apa yang dimaksud dengan google index itu? Google index diartikan sebagai database berisi informasi dan halaman situs yang dikumpulkan Google sehingga pada akhirnya bisa menampilkan hasil pencarian kepada user.

Nah Google Index inilah yang akan menampilkan suatu website di hasil pencarian. Nah apabila website tidak muncul di halaman pencarian google itu tandanya website tidak masuk ke dalam database google index.

Perlu untuk diketahui, masuk ke database google index tak serta merta membuat website menjadi page one atau tampil di halaman pertama mesin pencari. Kalau mau page one, maka harus didukung dengan optimasi SEO on page dan off page yang bagus.

Nah, sekarang sudah paham kan tentang istilah indexing dan google index?

Mengapa Website Perlu Google Index?

Sebenarnya sih, ini pilihan opsional bagi pemilik website apakah ingin websitenya masuk ke google index ataukah tidak.

Tentu saja sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkannya. Sebab ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan antara lain yaitu :

1. Bisa Tampil di Mesin Pencari

Ini adalah manfaat utama dari menggunakan google index. Jadi, web berisi seluruh konten Anda bisa tampil di search engine.

Ingat, hanya tampil loh ya bukan page one. Sebab Indexing dan page one adalah dua istilah yang berbeda.

Contoh, Anda membuat artikel dengan judul 'Tempat Wisata di Bandung" dikatakan artikel sudah terindeks apabila artikel tersebut sudah muncul di database pencarian google meskipun hanya rangking ke 100.

Kalau page one adalah halaman yang tampil di posisi 1-10 di google.

2. Bisa Jadi Batu Loncatan Page One

Kalau web atau artikel sudah terindeks, maka sangat terbuka peluang artikel bisa tampil di peringkat atas google. Meskipun itu tidak dalam jangka waktu yang cepat.

Dengan catatan, web Anda harus teroptimasi dengan baik dari segi on page maupun off pagenya.

Jika tidak terindeks, mana mungkin bisa secara tiba-tiba langsung naik peringkat begitu saja? Tentu saja tidak bisa, maka dari itu sangat penting melakukan index google.

3. Membuat Website Jadi Terkenal

Website yang sudah lama muncul di google bisa membuatnya jadi terkenal. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan visitor organik menuju website tersebut.

Hal seperti ini juga bisa jadi langkah awal untuk meningkatkan traffic website sekaligus membuatnya semakin terkenal. Jadi, jangan hanya memanfaatkan sosial media saja untuk memperkenalkan website Anda manfaatkan juga google supaya website bisa mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget.

Website dan artikel terindeks >>> muncul di pencarian >>> page one >>> dikunjungi >>> semakin banyak pengunjung >>> terkenal. Kurang lebih seperti itu alurnya.

Cara Mengetahui Apakah Website Sudah Terindeks Google

Apakah web Anda sudah muncul di database google index? Untuk mengeceknya, tidak perlu menggunakan tools tambahan tapi cukup dengan memanfaatkan url google search aja. Begini langkah-langkahnya :

Pertama silakan buka terlebih dahulu google.com baik melalui smartphone maupun PC.

Pada bagian kolom search, silakan tulis site:namadomain.com (misal alamat web Anda firdausartikel.com maka penulisannya site:firdausartikel.com) lalu tekan tombol search atau tombol enter.

Setelah itu Anda bisa langsung mengetahui hasilnya.

Apabila muncul tulisan "Penelusuran Anda tidak cocok dengan dokumen apapun" menandakan website Anda masih belum terindeks google. Tapi kalau muncul homepage, artikel, laman web Anda di google search menandakan web tersebut sudah terindeks google.

Walaupun sebenarnya ada tools pihak ketiga yang bisa Anda gunakan, namun cara ini lebih akurat karena hasilnya sudah pasti terpercaya dan selalu diperbarui.

Bagaimana untuk mengecek apakah artikel sudah terindeks atau belum? Caranya sama saja, hanya saja ketika masuk ke langkah kedua tuliskan submit:url artikel lalu klik enter.

Cara Index Google Jitu dan Cepat

Nah, kalau website Anda belum terindex berarti Anda harus melakukan beberapa hal supaya situs bisa muncul di mesin pencari dengan cepat. Berikut ini tahapan-tahapan penting yang harus Anda lakukan :

1. Daftarkan Website di Google Search Console

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah mendaftarkan web di google search console atau GSC (dulunya bernama google webmaster tools). Ibaratnya, ketika Anda ingin bergabung ke suatu komunitas atau organisasi maka harus mendaftar terlebih dahulu tidak bisa langsung masuk begitu saja.

Website atau blog jenis apapun bisa Anda daftarkan. Baik itu CMS wordpress.org, blogger.com, wordpress.com, maupun yang lainnya.

Google search console ini merupakan tools gratis yang langsung disediakan oleh google untuk memonitor kinerja web sekaligus bisa membantu supaya situs bisa lebih cepat terindex google. Bukan hanya itu saja, GSC memiliki banyak benefit lainnya yaitu :

  • Mengetahui keyword yang muncul di pencarian. Baik yang populer maupun yang kurang populer sehingga kita bisa mengetahui konten mana saja yang berada di posisi atas search engine.
  • Mengetahui seberapa banyak pengunjung datang dari google.
  • Mengetahui apakah website sudah mobile friendly atau belum.
  • Mengetahui seberapa cepat website Anda.
  • Mengetahui jumlah dan daftar link yang menuju ke situs Anda.
  • Mendeteksi apakah ada masalah pada keamaan website.
  • Submit sitemap.
  • Memeriksa broken link atau tautan yang rusak atau tidak aktif.
  • Memperbaiki masalah indexing.
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Lalu bagaimana cara mendaftarkan situs di GSC itu? Mari ikuti tahapan-tahapan berikut ini :

  • Silakan login dulu ke akun google Anda.
  • Selanjutnya masuk ke google search console.
  • Klik add property lalu pilih website.
  • Tuliskan url website secara lengkap (https://namadomain.com jika menggunakan https atau http://namadomain.com jika tidak menggunakan https). Namun demi keamanan, disarankan menggunakan https saja bukan http.
  • Klik continue.
  • Lakukan verifikasi. Ada beberapa pilihan verifikasi yang bisa Anda lakukan, silakan pilih yang paling mudah. (Bagi kami, metode verifiksi meta tag adalah yang paling mudah dibandingkan dengan metode yang lainnya).

Oke. Sekarang situs Anda sudah terdaftar di webmaster google. Biasanya dalam waktu seminggu hingga tiga minggu sudah terindeks Google dengan catatan situs dalam keadaan baik dan tidak ada masalah.

Cara menggunakan tools ini tidak akan dijelaskan semua pada artikel ini. Akan kami jelaskan secara khusus pada artikel tersendiri, di artikel ini akan dijelaskan beberapa penggunaan fitur saja yang penting digunakan untuk proses pengindeksan.

2. Update Konten Secara Berkala

Website yang masih baru tak berarti tidak bisa mendaftarkan diri di google play store. Justru dengan sering update konten membuat website lebih mudah dikenali oleh google sehingga lebih cepat tampil di database google index.

Tapi tetap ingat, konten yang dibuat harus benar-benar kualitas. Sebab konten berkualitas, berbobot, dan bermanfaat bagi user sangat disukai oleh google.

Semakin banyak konten berkualitas yang diterima oleh google maka membuat Googlebot semakin sering melakukan crawling pada website Anda. Google menganggap konten tersebut related dengan apa yang sedang dicari oleh pengunjung.

Cara Index Google

3. Perbanyak Internal Link

Sudah membuat artikel berkualitas? Jangan lupa lakukan optimasi on page SEO lainnya salah satunya adalah dengan memperbanyak internal link. Hubungan link artikel satu dengan link artikel lainnya yang saling berkaitan.

Sebagai contoh, Anda pernah membuat artikel tentang 'Kuliner Khas Jawa Tengah' maka untuk artikel selanjutnya Anda bisa membuat artikel tentang tempat makan di Jawa Tengah, adat istiadat Jawa Tengah, hotel di Jawa Tengah, atau segala hal yang berhubungan dengan Jawa Tengah. Nah hubungkan semua artikel tersebut melalui fitur internal link.

Ingat, optimasi internal link tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Antara satu link dengan link lainnya harus relevan membahas hal yang saling berkaitan.

Selain bisa meningkatkan page view, internal juga bisa membuat google bot konteks dan hubungan antar konten satu dengan konten lainnya pada web Anda. Hingga pada akhirnya google pun mau dengan cepat menampilkan konten Anda di search engine.

4. Membuat Kategori

Alangkah lebih baik jika konten-konten yang Anda buat dibagi menurut kategori tertentu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs tutorial komputer maka Anda bisa membuat kategori :

  • Tutorial windows
  • Tutorial Mac
  • Tutorial Linux

Atau kategori lainnya yang berhubungan dengan situs Anda.

Adanya ketogori membuat google bisa menjelajahi website secara lebih efisien. Selain itu, Googlebot bisa lebih mudah memahami artikel yang topiknya mirip.

Ya, kurang lebih sama manfaatnya ketika Anda melakukan optimasi internal link.

5. Inspeksi URL

Inspeksi URL merupakan salah satu fitur penting yang bisa Anda manfaatkan di google search console supaya konten atau artikel lebih cepat terindeks. Berbekal fitur inspeksi URL inilah, artikel bisa masuk daftar prioritas yang cepat ditampilkan di halaman search console.

Menggunakan fitur ini ibarat meminta google supaya cepat mengindeks konten kita. Tanpa menggunakan inspeksi URL mungkin saja artikel Anda lama terindeks meskipun websitenya sudah terindeks.

Nah, bagaimana cara inspeksi URL itu? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, silakan masuk dulu ke akun GSC Anda lalu pilih website yang telah terdaftar di GSC.
  • Langkah selanjutnya, silakan pilih 'inspeksi url'
  • Masukkan URL atau tautan lengkap artikel yang ingin Anda indeksankan ke google.
  • Jangan lupa klik enter.
  • Biasanya setelah itu muncul tulisan "URL tidak ada di google", hal ini wajar karena memang artikel Anda masih belum diproses indexing oleh google bot. Untuk membuat google bot bisa lebih cepat bekerja untuk konten tersebut, silakan klik 'minta pengindeksan'.
  • Tunggu dulu selama beberapa saat sampai prosesnya selesai.

6. Submit Sitemap

Sitemap? Fitur apalagi itu? Selain inspeksi URL, sitemap juga merupakan salah satu fitur penting di GSC yang bisa membuat google bot memahami isi website. Sebagai contoh, situs Anda berisi 30 artikel dan 5 halaman, dengan melakukan submit sitemap google jadi paham kalau web berisi 30 artikel dan 5 halaman.

Biasanya bentuk sitemap untuk blogger dan wordpress itu berbeda. Untuk blogger adalah sitemap.xml sedangkan untuk wordpress adalah sitemap_index.xml, dan terkait dengan pembuatan sitemap akan kami jelaskan pada konten tersendiri supaya Anda semakin paham.

Google langsung mengindeks seluruh artikel dan halaman tersebut jika pemilik website melakukan submit sitemap. Nah, bagaimanakah cara submit sitemap itu? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Masuk ke GSC.
  • Selanjutnya pilih sitemap atau peta situs pada bagian index.
  • Masukkan url peta situs lalu klik kirim.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.

Sebaiknya inspeksi URL dan submit sitemap dilakukan setiap selesai posting artikel untuk mempercapat artikel tampil di mesin pencari.

7. Cek Apakah Ada Error

Saat Anda meminta indexing ke google dan ternyata web dan artikel Anda tidak terindeks juga, hal itu bisa terjadi karena adanya error atau kesalahan. Maka dari itu, Anda wajib mengeceknya terlebih dahulu dan temukan solusinya.

Ada beberapa jenis error pada proses indexing URL. 404 error, server error, not followed, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagaimanakah cara memperbaiki kesalahan-kesalahn tersebut? Anda dapatkan melakukan beberapa hal berikut ini

  • Pastikan URL tidak mati. Jika mati, Anda bisa melakukan Redirect atau pengalihan ke halaman lain yang aktif. Di blogger sudah tersedia fitur khusus Redirect, sedangkan pada wordpress fitur seperti ini ada di plugin SEO.
  • Pastikan server situs Anda dalam keadaan baik. Inilah pentingnya memilih hosting yang berkualitas supaya tidak terjadi masalah seperti ini.
  • Pastikan tidak ada masalah pada keamanan website.

8. Bangun Backlink Berkualitas

Jangan salah, meski hanya optimasi SEO yang berasal dari luar tapi backlink tetap penting untuk mendukung proses indexing. Kenapa sangat penting?

Misalnya website Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dari website lain, maka semakin mudah google bot menemukan situs Anda. Google menganggap  halaman yang mempunyai backlink berkualitas itu penting dan jadi prioritas dalam proses pengindeksan.

Ingat, hanya backlink berkualitas. Bukan backlink spam yang dibuat dengan tujuan hanya untuk memanipulasi google saja.

Google sekarang sudah semakin pintar dan canggih. Sepintar apapun Anda menyembunyikan backlink spam, lama-lama akan ketahuan juga oleh google.

Jadi, itulah dia beberapa cara index google secara cepat. Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa proses pendaftaran website ke google search console adalah tahapan penting untuk mempercepat proses pengindeksan.

Baru dilanjutkan dengan proses-proses selanjutnya seperti yang sudah dijelaskan pada artikel diatas.

Jangan lupa, setelah web terindeks jangan pernah lupakan SEOnya karena SEO tak kalah penting dan bisa membantu web mendapatkan peringkat terbaik. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, jangan ragu menggunakan Grow&Bless sebagai jasa SEO terbaik di Jakarta dan Indonesia.

You Might Also Like
Find us on another platform, see for yourself what other say about us
clutch reviewGoogle Ads Certifiedsemrush certificationHubspot certification
© 2020 - 2021  Grow & Bless Digital Marketing 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram